Apakah Makeup Wipes Aman Sebagai Pembersih Wajah?

Can cleansing wipes remove makeup thoroughly B

Membersihkan wajah adalah salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan kulit halus dan bebas masalah. Kamu bisa menggunakan sabun muka atau lotionpembersih wajah dan toneruntuk menghilangkanmakeup dan kotoran dari wajahmu. Karena pentingnya aktivitas membersihkan wajah ini, muncullah berbagai macam produk pembersih muka di pasaran. Produk pembersih wajah yang baru salah satunya adalah makeup wipes yan berbentuk seperti tisu basah. Produk ini sering disebut- sebut sebagai pembersih makeupinstan bagi wanita sibuk. Benarkah makeup wipes baik untukmu?

Makeup Wipes Bisa Menyebabkan Kulit Iritasi, Berjerawat, Dan Keriput

Meskipun cleanser dan wipes memiliki kandungan yang sama, hasilnya bisa sangat berbeda. Membersihkan wajah dengan cleanser, kamu harus membilas atau membersihkan residu yang tertinggal di wajah. Sedangkan dengan makeup wipes, kamu melewatkan tahap ini. Ini sama saja dengan membiarkan wajahmu tertutupi lapisan kotor. Selain itu, karena kamu tidak membilas wajahmu pada saat itu juga, sisa zat-zat tersebut akan terserap ke dalam kulit dan membuatnya kering, bahkan iritasi. Hal ini bukanlah hal yang bagus bagi kulit, terutama untuk yang berkulit kering atau sensitif. Penderita eksim dan rosacea sebaiknya juga mempertimbangkan hal ini sebelum memakainya.

Selain  bahan-bahannya, hal lain yang bisa menjadi penyebab iritasi kulit dari makeup wipes adalah cara pemakaiannnya yang kurang tepat. Karena terburu-buru, seringkali kita menggosok terlalu keras sehingga menjadikan kulit iritasi. Kulit pun akan lebih riskan berjerawat dan berkeriput. Banyak wanita yang menggunakan makeup wipes untuk membersihkan riasan matanya. Padahal, area ini sangatlah lembut dan sensitif. Eyeshadow, eyeliner dan maskara waterproof akan sulit dihapus, sudah pasti kamu akan mengerahkan seluruh tenagamu untuk menggosoknya kuat-kuat sampai hilang. Selain membuatnya iritasi, hal tersebut juga akan membuat area matamu cepat kendur.

Cara Tepat Menggunakan Makeup Wipes

Jangan Memakainya Terlalu Sering

Salah satu hal terpenting dalam menggunakan makeup wipes adalah kamu tidak boleh memakainya terlalu sering. Kamu boleh memanfaatkannya sesekali di saat-saat darurat. Namun jangan pernah gantikan sabun muka atau lotion pembersihmu dengan makeup wipes.

Gunakan Makeup Wipes dengan Benar

Kamu perlu memerhatikan gerakan dan tekananmu agar tidak terlalu kasar meski makeup yang ada di wajahmu sangat tebal. Cara tepat untuk memakai wipes adalah dengan memulai dari bagian dahi, kemudian turun ke arah rahang. Lakukan dengan satu arah saja agar minyak dan kotoran tidak kembali tersebar akibat gerakan yang bolak-balik. Akhiri di bagian hidung karena itulah area yang paling kotor dan berbakteri.

Perhatikan Urutan Membersihkan

Ikutilah urutan dalam menggunakan makeup wipes berikut ini: dahi, dagu, pipi, dan yang terakhir hidung. Untuk bagian-bagian yang lebih berat, seperti makeup mata dan bibir, gunakan wipes secara terpisah agar eyeshadow, maskara, atau lipstikmu tidak menyebar ke mana-mana. Jangan lupa juga untuk segera membilas wajah dengan air usai menggunakan makeup wipes. Gunakan makeup wipes dengan bijaksana!

Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s