Wah, Ternyata Inilah Manfaat Sauna yang Dapat Dinikmati Tubuhmu!

sauna-131007b

Setelah berolahraga di pusat kebugaran, kamu pasti menyempatkan waktu untuk sauna jika aktivitasmu sedang tidak padat. Malah ada juga lho orang yang lebih lama menghabiskan waktu di tempat sauna daripada berolahraga. Tetapi yang satu itu jangan ditiru ya,ladies. Kamu harus berolahraga secara konsisten sebelum bergegas ke ruang sauna!

Manfaat Sauna Untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata manfaat sauna tidak sekadar membuat tubuhmu jadi berkeringat. Beberapa manfaat sehat ini bisa kamu dapatkan jika kamu senantiasa meluangkan waktu untuk sauna usai berolahraga :

Proses Detoksifikasi Tubuh

Keringat adalah salah satu zat residu yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Oleh sebab itu, keringat dalam jumlah banyak setelah aktivitas sauna membantu proses detoksifikasi tubuh secara maksimal. Sejumlah racun yang berasal dari konsumsi makanan, polusi, dan penyebab lainnya akan keluar dari tubuh bila kamu melakukan sauna secara teratur.

Sistem Kekebalan Tubuh Pun Jadi Meningkat

Aktivitas sauna dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih memiliki peranan penting untuk memerangi bakteri, virus, dan sejumlah benda asing lainnya yang masuk ke tubuh manusia. Sehingga kamu pun tidak mudah sakit bila produksi darah putih dalam tubuh berlangsung optimal.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang satu ini pasti menjadi manfaat yang paling disukai kaum wanita. Ya, sauna memang membantu menurunkan berat badan. Selama melakukan sauna, detak jantung akan menjadi lebih cepat dan metabolisme tubuh ikut meningkat. Sebuah penelitian menyatakan bahwa aktivitas sauna selama 20 menit dengan temperatur 75 derajat Celcius bisa membantu membakar kurang lebih 500 kalori lho.

Membuat Rambut Lebih Sehat dan Indah

Kulit kepala memiliki kelenjar khusus yang dikenal dengan sebutansebaceous. Kelenjar ini dapat menghasilkan senyawa yang menjaga kelembapan rambut. Berada di ruangan sauna beberapa saat ternyata bisa membantu mengaktifkan kelenjar sebaceous. Hasilnya, rambut jadi lebih indah secara alami tanpa pengaruh bahan-bahan kimia dalam produk perawatan rambut.

Sauna Bisa Bikin Kamu Awet Muda

Seiring dengan bertambahnya usia, kondisi kulit menjadi lebih kusam karena penumpukan sel-sel kulit mati. Ketika melakukan sauna, aliran darah ke seluruh bagian kulit menjadi lebih lancar. Pertumbuhan sel-sel kulit baru pun segera menggantikan sel-sel kulit mati yang membuatmu kelihatan kusam. Minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada kulit pun akan diproduksi secara optimal untuk menjaga kelembapan kulit.

Karena bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatanmu, kamu pasti tak ragu lagi meluangkan waktu untuk sauna setelah berolahraga ya, ladies. Cukup luangkan 15 hingga 20 menit saja untuk memaksimalkan manfaat olahraga yang sudah kamu lakukan secara rutin. Selamat menikmati waktu saunamu!

Sumber: Vemale.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s