Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit

Sudah tidak diragukan lagi jika berpuasa memiliki pengaruh dan manfaat yang baik untuk kesehatan organ tubuh. Tetapi bagaiman dengan kesehatan kulit, yang tidak mendapat asupan ‘makanan’ selama lebih dari 10 jam?

Sama halnya dengan organ tubuh bagian dalam, ternyata puasa juga membuat kulit sehat. Bahkan Skinverse seperti dilansir Livestrong, Rabu 15 Junli 2014, melalui serangkaian riset menunjukkan, jika berpuasa dalam jangka pendek justru mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.

Berikut beberapa jenis penyakit yang dapat dihindari oleh kulit berkat berpuasa :

Iritasi Kulit

body_skin_irritation_treatments_beauty_solutions_for_body_skin_irrritation_lypsso_thumbnail_1
Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Toksikologik patologi menunjukkan iritasi kulit akibat kontak dengan benda atau zat tertentu dapat diminimalisir dengan berpuasa. Pembengkakan kulit akibat kontak dengan benda atau zat tertentu dapat secara alami sembuh dengan berpuasa dengan jangka pendek hingga 48 jam.

Gatal-gatal

maxresdefault
Puasa dapat mengurangi jenis gatal tertentu atau lebih dikenal dengan istilah urtikaria kronis. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Dermatology merilis sejumlah gatal yang dapat disembuhkan dengan berpuasa, yakni ruam jelatang hingga urtikaria kronis yang berlangsung hingga lebih dari enam minggu.

Dalam kondisi perut kosong terbukti efektif mengurangi gatal pada perempuan berusia 28 tahun selama 11 hari. Para peneliti menunjukkan kemampuan daya tahan tubuh dalam tiga hari berpuasa menjadi lebih tahan terhadap jenis gatal tertentu.

Jerawat dan Eksim

sunscreen-causes-pimple-and-acne
Kondisi kulit saat berjerawat dan eksim dapat lebih cepat bersih dengan berpuasa dalam jangka pendek. Hal ini bisa terjadi karena dengan membebaskan tubuh dari proses mencerna makanan maka dapat membuatnya fokus untuk meregenerasi sistem lain.

Bagi yang tidak terbiasa berpuasa, di awal akan mengalami sakit kepala atau gejala lainnya. Hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan minum jus buah.

Sumber: Vemale.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s