8 Tips Agar Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

header_image_Article_Main_-_Fustany_-_Beauty_-_Hair_-_How_to_take_care_of_your_hair_with_hijab

Ketika puasa, tubuh tidak akan mendapatkan asupan makanan ataupun minuman sedikitpun. Meski Anda tidak makan dan minum hampir 14 jam selama berpuasa, namun ini bukan berarti Anda tidak bisa menjaga kesehatan.

Dikutip dari laman tempo, berikut ini delapan tips yang bisa coba Anda dilakukan agar tetap sehat selama menjalankan puasa Ramadhan.

1. Konsultasi ke Dokter

Sebelum bulan puasa tiba, ada baiknya bila terlebih dahulu Anda berkonsultasi dengan dokter. Ini dilakukan untuk mengecek kondisi kesehatan Anda, serta untuk mengetahui jenis makanan, multivitamin, serta aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan selama berpuasa.

2. Atur Jadwal

Meski Anda dalam kondisi sehat, puasa tetap akan membuat Anda lemas. Untuk itu, aturlah jadwal dan makanan untuk memastikan Anda tetap mendapatkan nutrisi dan cairan sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk mengatur ulang jam istirahat Anda. Mengantuk ketika sedang puasa bukan disebabkan karena berkurangnya asupan makanan, tapi karena waktu tidur Anda yang berkurang.

3. Ingat Sahur

Bangun dan makan di pagi buta memang sulit dilakukan jika belum terbiasa. Namun jangan sampai karena alasan tersebut Anda meninggalkan sahur. Selain sunah, sahur adalah wkatu untuk memasok energi untuk beraktivitas dari pagi hingga petang nanti. Meski demikian, jangan makan secara berlebihan. Fokuslah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, buah atau sayuran, dan juga minum banyak air.

4. Jangan Kepanasan

Selama menjalankan ibadah puasa, usahakan Anda tetap berada di tempat yang teduh dan kurangi aktivitas fisik serta istirahat jika memungkinkan.

5. Makan Bertahap

Berbukalah dengan yang manis-manis seperti kurma, susu, ataupun jus buah. Jangan langsung mengkonsumsi banyak makanan. Kebanyakan makan hanya akan membuat perut Anda terasa penuh, karena selama berpuasa lambung Anda akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Setelah shalat magrib, baru Anda bisa melanjutkan dengan makan secukupnya.

6. Utamakan Air Putih

Saat malam hari, hindarilah untuk mengkonsumsi teh, kopi, ataupun soda, lebih baik minum air putih saja. Sediakan juga air di kamar tidur. Ini akan menjaga Anda tetap mengkonsumsi 8 gelas air per hari agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan.

Sebagai cemilan, makanlah buah segar dan kacang. Selama menjalankan ibadah puasa, dua jenis makanan ini lebih baik daripada cemilan cokelat ataupun permen.

7. Tetap Berolahraga

Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Tetaplah lakukan olahraga. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan selama 15 hingga 20 menit di malam hari. Ini akan membantu tubuh Anda tetap bugar.

8. Hindari Makanan yang Digoreng dan Pedas

Makanan yang digoreng akan menyebabkan sel darah merah menggumpal, sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang sampai 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari. Begitu juga makanan pedas, makanan ini akan membuat perut Anda mulas dan mengalami gangguan pencernaan.

Sumber: Kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s