Perbedaan 5 Jenis Bedak dan Fungsinya

retouch-powder-abstract-group

Berapa jenis bedak yang kamu miliki, ladies? Sebagian besar wanita memiliki lebih dari 1 bedak, yaitu bedak padat dan bedak tabur. Tapi tahukah kamu bahwa ada lebih dari 2 jenis bedak di dunia kosmetik? Setiap jenis bedakpun memilki kelebihan dan fungsi yang berbeda-beda, lho.

Perbedaan 5 Jenis Bedak dan Fungsnya

Beda jenis bedak tentu beda cara pemakaian, dan kegunanya. Tidak hanya itu, beda jenis kulit juga beda jenis bedak yang cocok. Berikut ini adalah perbedaan 5 jenis bedak beserta fungsinya:

Pressed Atau Compact Powder

Inilah jenis bedak yang paling sering dibawa oleh wanita untuk touch-up. Biasanya, di dalam bedak ini sudah terdapat kaca, dan pemakaiannyapun sangat praktis. Pressed atau compact powder ini juga banyak disebut sebagai bedak padat. Jenis bedak yang satu ini biasanya sudah diformulasikan dengan moisturizer (pelembap) dan minyak sehingga teksturnya lebih berat. Bedak padat ini cocok digunakan untuk kulit kering, karena kandungannya yang dapat membantu melembapkan kulit.

Loose Powder

Loose powder atau bedak tabur adalah jenis bedak yang teksturnya lebih ringan dan lembut daripada bedak padat. Formulanya dapat membantu menyerap minyak berlebih dengan baik, sehingga bedak tabur cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Bedak tabur ini banyak dikemas dalam bentuk jar, dan kurang travel-friendly karena tidak begitu praktis dan bisa tumpah. Walaupun biasanya hadir dengan aplikator bentuk puff, kebanyakan orang memilih untuk menggunakan brush saat mengaplikasikan bedak tabur agar hasilnya merata dan natural. Sayangnya, loose powder atau bedak tabur ini tidak terlalu awet karena mudah luntur oleh keringat.

 

Two Way Cake

Two way cake adalah pilihan yang tepat dan praktis apabila kamu ingin hasil coverage yang lebih tinggi daripada bedak padat atau bedak tabur. Kamu tidak perlu mengaplikasikan face bace sebelum menggunakan bedak two way cake karena sudah mengandung foundation di dalamnya.

Setting Powder

Setting powder digunakan setelah foundation, untuk menghilangkan kilap dan menjaga kualitasnya untuk jangka waktu yang sama. Setting powder hadir sesuai dengan warna kulit atau bisa translucent.

Finishing Powder

Jenis bedak yang satu ini biasanya digunakan setelah setting powderuntuk menyamarkan garis halus dan pori, sehingga kamu akan mendapatkan tampilan sempurna. Kebanyakan finishing powderberwarna putih. Saat menggunakan finishing powder, kamu perlu memastikan bahwa bedak ini telah membaur dengan baik agar tidak tampak seperti ketumpahan bedak bayi. Kamu cukup menggunakannya sedikit agar mudah membaur.

 

Bedak Warna Kulit Atau Translucent, Manakah yang Harus Digunakan?

Kamu bisa memilih untuk menggunakan bedak sesuai warna kulit atautranslucent sesuai dengan kebutuhanmu. Bedak yang sesuai warna kulit dapat memberikan ekstra coverage dan menutupi noda-noda pada wajah.

Sementara bedak translucent cocok untuk semua warna kulit jika dibaurkan dengan baik. Bedak translucent adalah pilihan yang baik untuk menghilangkan kilap wajah sepanjang hari. Namun, apabila tidak dibaurkan dengan baik, penampilanmu akan tampak sangat aneh!

Pilihlah jenis bedak dan warna yang cocok untukmu. Baurkan dengan baik, dan kamu akan mendapatkan hasil yang baik! Banyaklah berlatih agar kamu dapat menyempurnakan hasil yang semakin baik. Semoga informasi ini bermanfaat, ladies!

Sumber: Kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s