Kulit Berjerawat? Segera Jauhi Produk-produk Skin Care dengan Kandungan Ini!

Tips-Menghilangkan-Bekas-Jerawat

Jerawat tidak hanya disebabkan oleh kebersihan kulit wajah yang kurang diperhatikan. Ternyata produk-produk skin care atau makeup yang kita pakai pun berpotensi menyebabkan  jerawat di wajah. Kalau kulitmu berjerawat atau mudah terserang jerawat, sebaiknya kamu lebih teliti dalam memilih produk perawatan kulitmu. Hindari kandungan bahan-bahan yang bisa memicu munculnya atau memperparah jerawat.

Kandungan Produk Skin Care yang Harus Dihindari Untuk Kamu Yang Berjerawat

Inilah produk-produk yang harus dijauhi mereka yang berjerawat:

1. Produk dengan Kandungan Minyak

Minyak esensial memang masih populer sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit, dan penggunaannya pun bisa dengan mudah kamu temukan di dalam produk-produk skin care masa kini. Namun untuk kamu yang memiliki kulit berjerawat, sebaiknya berhati-hati karena tidak semua jenis minyak tersebut cocok untuk kulitmu yang sensitif. Alih-alih mempercantik kulitmu, kandungan minyak tertentu justru bisa memicu jerawat tumbuh semakin parah. Jenis-jenis minyak alami yang aman untuk mereka yang memiliki kulit berjerawat di antaranya adalah argan oil, grapeseed oil, minyak lavender, dan minyak kelapa. Selain dari itu, jauhilah.

2. Cleanser Atau Produk-produk Pembersih Wajah Yang Ringan

Produk-produk pembersih wajah yang bersifat ringan mungkin cocok untuk mereka yang berkulit kering ataupun normal. Namun, untuk kulit yang berjerawat dan berminyak, kamu memerlukan sesuatu yang lebih kuat. Micellar water, hydrating washes, atau lipid-free cleansing lotion bukanlah pilihan tepat untuk mengatasi minyak yang berlebihan di wajah, ataupun untuk membersihkan kotoran-kotoran yang bisa menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Sebaiknya gunakan produk-produk deep cleansing yang akan menyingkirkan minyak dan kotoran yang menumpuk di kulit wajah degan lebih efektif.

3. Moisturizer yang Berat

Krim padat, masker tebal, balm berminyak, dan kandungan apa saja yang terasa berat seharusnya tidak boleh menyentuh kulitmu. Formula yang tebal akan meninggalkan residu yang bisa menyebabkan pori-porimu tertutup. Akibatnya, jerawat pun muncul di mana-mana. Oleh sebab itu, gunakanlah produk-produk pelembab yang bebas kandungan minyak. Pilih juga produk berbentuk lotion, gel, atau tekstur lain yang lebih mudah diserap kulit, serta tidak membuat kulitmu mengkilap dan licin.

4. Primer Bersilikon

Kebanyakan orang lebih fokus pada makeup dengan formula yang berpotensi menyebabkan penyumbatan pori-pori, sehingga mereka tidak menyadari jika primer yang mengandung silikon juga bisa memperparah jerawatmu. Sebagian besar produk primer memiliki kandungan silikon yang tinggi. Ini bisa dilihat dari daftar bahan kandungan yang berakhiran dengan “-icone”. Untuk itu, telitilah produk primer yang kamu pakai, dan jika mengandung silikon, segera ganti dengan primer yang bebas silikon dan minyak.

Jadi, memastikan produk-produk perawatan kulit memiliki formula atau kandungan yang tepat ternyata juga tak kalah penting dalam menangani jerawat.

Sumber: Kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s