Berat Badan Naik Karena Otot atau Lemak? Yuk, Cari Tahu!

Wanita juga butuh otot,ladies!

Maksudnya bukan otot super besar seperti binaragawan, ya! Tenang saja, otot-otot pada tubuh wanita memang tidak bisa bertumbuh sebesar pria kok.

Ketika massa otot bertambah, mungkin berat badan akan naik. Tetapi bagaimana ya cara membedakan berat badan naik karena massa otot atau peningkatan lemak?

Jika Kamu Berolahraga Secara Teratur

c700x420

Bila kamu berolahraga secara teratur, melakukan latihan kekuatan dan angkat beban, maka tentu saja berat badan yang sedikit bertambah disebabkan oleh otot. Setengah kilogram otot dapat membakar 50 kalori per hari. Itulah sebabnya mengapa otot sangat penting untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh ketika usiamu terus bertambah.

Otot-otot di tubuhmu tak akan membuat kamu menimbun kalori dengan mudah. Terutama jika kamu peduli dengan asupan makanan yang kamu konsumsi setiap hari.

Pakaianmu Terasa Semakin Longgar

badan-langsing

Kamu baru saja mengalami hal aneh. Berat badanmu bertambah tetapi seluruh pakaianmu malah terasa semakin longgar. Itu berarti massa ototmu sudah bertambah lho. Orang dengan berat badan yang sama bisa memiliki bentuk tubuh yang sama sekali berbeda. Karena berat badan dipengaruhi oleh massa otot dan massa lemak tubuh.

Dalam berat yang sama, otot memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan padat daripada lemak. Meskipun memiliki berat badan yang terbilang besar, wanita yang tubuhnya berotot akan tampak lebih ramping daripada wanita yang tubuhnya dipenuhi lemak. Wanita yang tubuhnya berlemak membutuhkan ukuran baju yang lebih besar untuk menutupi gelambir-gelambir lemak di sejumlah bagian tubuh.

Mengukur Komposisi Tubuh

Pengujian yang satu ini sangat mudah dilakukan lho, ladies. Saat ini pusat-pusat kebugaran menyediakan timbangan khusus untuk mengukur massa tubuh. Dengan menggunakan timbangan ini, massa otot, massa lemak, massa tulang, dan massa air dalam tubuhmu bisa diukur secara cukup akurat. Alat pengukur komposisi tubuh ini juga dijual di pasaran dengan harga tak sampai 500 ribu rupiah.

Kira-kira apakah tubuhmu terdiri dari banyak otot atau banyak lemak ya, ladies?

Kalau kamu rutin berolahraga dan menjalani hidup sehat, komposisi lemak berlebihan tentu tidak akan menghantui kamu, ya. Yuk berolahraga secara rutin untuk mendapatkan tubuh indah dan otot yang kuat.

Sumber: Kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s