7 Hal yang Payudara Katakan Mengenai Kesehatan Wanita

healthy-breast-care

Payudara terkadang terasa sakit, berubah ukuran, berubah bentuk, atau timbul benjolan. Haruskah kita khawatir jika hal itu terjadi? Ada saat-saat di mana kamu tak perlu risau dengan perubahan pada payudaramu. Ada pula saat-saat di mana kamu harus mulai mengambil langkah medis karena perubahan pada payudara. Sebab, perubahan payudara ternyata memiliki pengaruh pada kesehatan wanita.

7 Hal yang Payudara Katakan Mengenai Kesehatan Wanita

Berikut ini adalah beberapa perubahan pada payudara yang ternyata memberikan pertanda pada kesehatan wanita:

Ukuran Payudara Membesar

Jika payudaramu membesar, sepertinya karena berat badanmu bertambah. Ingat, mayoritas bagian payudara adalah lemak, selain jaringan kelenjar. Atau mungkin juga kamu sedang hamil, karena saluran ASI mulai terbentuk sehingga payudara terlihat lebih besar. Hal lain yang bisa menjadi penyebab membesarnya payudara adalah konsumsi pil KB, atau perubahan hormon ketika menstruasi karena payudara sangat sensitif terhadap perubahan hormon estrogen dan progesteron. Namun kamu tak perlu mengkhawatirkan kondisi ini.

Ukuran Mengecil

Kebalikan dari ukuran payudara yang membesar, payudara yang mengecil bisa disebabkan karena berat badan yang berkurang, atau kadar estrogen yang turun karena berhenti mengonsumsi pil KB atau menjelang masa menopause. Namun jika kamu tidak merasa faktor-faktor tersebutlah penyebabnya, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk menjalani tes PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), terutama jika gejala ini disertai rambut rontok, jerawat, dan timbulnya bulu-bulu di wajah. Selain itu, mengecilnya payudara juga bisa disebabkan oleh konsumsi kopi.

Payudara Besar

Apakah payudara besar memiliki hubungan dengan kesehatan wanita? Payudara yang besar alami biasanya merupakan hasil keturunan dari keluargamu. Ada beberapa studi yang menghubungkan payudara besar dengan resiko kanker payudara. Namun belum ada cukup bukti yang menunjukkan kebenaran studi tersebut.

Benjolan

Selama siklus menstruasimu, kamu akan menemukan benjolan pada payudaramu karena perubahan hormon membuat payudara dipenuhi dengan cairan. Benjolan biasanya muncul di bagian samping payudara, terasa lunak dan terkadang sakit, terutama sebelum masa menstruasi. Tak perlu khawatir jika benjolan berbentuk simetris. Namun jika ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Kepadatan

Payudara yang padat memiliki lebih banyak jaringan berserat dan kelenjar. Cukup sulit untuk membedakan antara payudara yang padat dengan tumor menggunakan mammograms karena keduanya sama-sama tampak putih di bawah sinar-X. Payudara yang padat juga meningkatkan resiko kanker, sehingga wanita yang memiliki payudara sangat padat sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Terasa Sakit

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan rasa sakit pada payudara. Rasa sakit pada kedua payudara biasanya disebabkan oleh faktor hormonal karena terlalu banyak kafein. Penyebab lainnya adalah karena PMS, bra, trauma ringan akibat benturan atau olahraga, membawa beban di pundak, atau kekurangan zat besi. Kamu perlu waspada jika rasa sakit hanya terasa di salah satu payudara karena hal itu bisa mengindikasikan adanya kanker.

Puting Payudara Masuk

Kamu tidak perlu khawatir jika putingmu memang sudah dari dulu menjorok ke dalam. Namun jika putingmu tiba-tiba masuk, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter. Salah satu penyebab puting yang semakin tertarik masuk adalah kanker payudara. Tapi pastikan terlebih dahulu jika hal tersebut bukan karena efek sports bra yang kamu pakai.

Ladies, meski tak perlu berlebihan, kamu harus selalu merawat dan memperhatikan kesehatan payudaramu ya! Sebab, kondisi payudara bisa menjadi cerminan kesehatan wanita.

Sumber: Kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s