3 Jenis Makanan untuk Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

0a3719e5d0abcc6d6424748b44ea73b8

Masalah bau mulut biasa muncul ketika kita sedang puasa, ini karena selama seharian kita tidak makan dan minum. Bau mulut ini ada dua faktor penyebabnya, bisa karena memang masalah mulut atau bisa juga karena kesehatan pencernaan. Jadi penyebab bau mulut bukan melulu karena masalah mulut namun juga bisa akibat dari saluran pencernaan Anda yang bermasalah.

Beberapa makanan yang kita konsumsi saat makan sahur atau buka puasa bisa membantu mengatasi masalah bau mulut ketika puasa. Berikut ini tiga jenis makanan yang harus dikonsumsi baik saat kalian sahur atau berbuka sebagai cara menghilangi bau mulut:

1. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt setiap hari bisa mengurangi bau mulut, demikian menurut penelitian. Yoghurt bisa mengatasi bakteri penyebab bau mulut. Yoghurt juga bisa mengurangi plak dan penyakit gusi. Sebaiknya yoghurt yang Anda konsumsi tidak berasa / tanpa gula (plain yoghurt).

2. Apel, Wortel dan Seledri

3 jenis sayur & buah ini sangat baik untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa menjadikan ketiga jenis sayur dan buah ini menjadi satu dengan cara dibuat Jus. Pada intinya semua macam aneka buah & sayur yang mempunyai kandungan serat banyak bisa mengatasi aroma bau mulut.

3. Vitamin C

Makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk, melon dan stroberi bisa menjadi penangkal bakteri penyebab bau di mulut. Vitamin C ini juga sangat baik untuk dikonsumsi supaya kita terhindari dari penyakit gusi yang juga merupakan faktor penyebab bau nafas.

Selain dengan makanan tersebut di atas, masih ada tips lainnya untuk mengatasi masalah bau mulut selama berpuasa. Menurut seorang Ahli gizi yang bernama Cynthia Sass, plak pada gigi akan mengalami perkembangan terus di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Oleh karena itu, Cynthia Sass menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksi air liur untuk mengatur atau tetap menjaga agar mulut tetap lembab dan membersihkan disekitar area mulut.

Ahli gizi Cynthia juga menyarankan agar secara rutin membersihkan gigi terutama sesudah makan ayam dan sereal. Sisa-sia makanan jenis ini sering kali menyelip di antara sela-sela gigi dan sekitar mulut yang kemudian bisa menyebabkan nafas jadi bau.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s