Sahur On-Time Tanpa Ngantuk, Ini Trik Praktisnya

Makan-Sahur

Biasanya di awal-awal bulan puasa perjuangan yang paling berat adalah bangun sahur. Bangun lebih awal dari biasanya untuk makan sahur bagi sebagian besar orang bukanlah hal mudah. Apalagi jika kita punya kebiasaan begadang, wah bangun pagi jelas suatu usaha yang bisa menguras emosi.

Tapi selalu ada trik yang bisa dicoba untuk bisa sahur on-time tanpa ngantuk. Untuk percobaan pertama mungkin memang susah, tapi kalau sudah berhasil melakukannya di hari pertama bakal lebih mudah untuk melanjutkan kebiasaan ini untuk hari-hari berikutnya.

·         Niat dari Awal

Ini nih modal yang paling utama. Perlu niat yang kuat. Kalau perlu catat dan tentukan ingin bangun sahur jam berapa. Sebelum tidur malam, jangan lupa berdoa dan kencangkan niat supaya nggak kesiangan buat sahur keesokan harinya.

·         Taruh Alarm Jauh-Jauh

Pasang alarm dan letakkan jauh dari jangkauanmu. Tujuannya tak lain adalah ketika alarm berbunyi, kamu bisa langsung bangun dan dipaksa untuk langsung melek karena harus menjangkaunya cukup jauh. Tapi taruhnya juga di tempat yang aman, ya. Satu lagi yang penting adalah langsung bangun saat alarm berbunyi, jangan malah menekan tombol sneeze atau menunda-nunda untuk bangun “lima menit lagi”.

·         Minta Bantuan Orang Rumah

Kalau alarm tak mempan, bisa coba minta bantuan orang rumah untuk membangunkanmu. Biasanya saat dibangunkan langsung oleh orang rumah, tak ada alasan lagi bagi kita untuk menunda-nunda bangun tidur.

·         Jangan Makan Makanan Berat Sebelum Tidur Malam

Sebelum tidur malam, setidaknya dua jam sebelumnya jangan makan makanan berat. Nantinya akan membuat kerja pencernaan dan fungsi tubuh jadi lebih berat. Akibatnya bikin kita susah bangun untuk sahur.

·         Basuh Muka dengan Air Dingin Saat Bangun

Masih juga susah melek di pagi hari? Saat bangun tidur, langsung basuh muka dengan air dingin. Rasa kantuk bisa hilang dengan sensasi air dingin yang kamu basuhkan ke wajah.

·         Tidur Lebih Awal dari Jadwal Biasanya

Majukan jadwal tidur malammu. Apalagi buat kamu yang doyan begadang, sebisa mungkin kurangi kebiasaan begadangmu ini. Tubuhmu juga punya hak untuk istirahat. Jadi cukupi kebutuhan istirahat tubuhmu dengan baik agar lebih fit bangun keesokan harinya untuk sahur.

Sahur on-time tanpa merasa ngantuk memang butuh usaha lebih. Tapi kalau bisa mengatur pola hidup dan memperbaiki kebiasaan, pasti bisa deh.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies!

Sumber: Vemale.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s