4 Penyebab Bau Mulut yang Tidak Kamu Sadari

Memiliki bau napas tidak sedap tentu saja memalukan. Kamu mungkin bisa menyiasati bau mulutmu dengan menggunakan spraypengharum mulu. Namun cara itu hanya bisa bertahan sementara waktu saja. Kamu seharusnya menyelidiki faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab bau mulutmu, sehingga langkah-langkah yang kamu ambil untuk mengatasinya pun akan lebih tepat.

Makanan Yang Membuat Nafasmu Bau

coffee1

Beberapa jenis makanan, seperti bawang merah atau bawang putih, serta minuman, termasuk kopi, bisa menyebabkan bau mulut. Begitu juga dengan merokok. Tak perlu risau karena bau mulut ini bersifat sementara dan bisa segera kamu hilangkan dengan permen karet yang tidak mengandung pemanis, menggosok gigi atau menggunakan mouthwash.

Kurangnya Kebersihan Mulut

brush-teeth

Penyebab utama bau mulut adalah bakteri yang ada di dalam mulutmu yang disebabkan oleh kurangnya menggosok gigi. Makanan dan sisa-sisanya akan menjadi plak dan terperangkap di antara gigi-gigimu hingga membusuk. Inilah yang menghasilkan gas yang bau dari nafasmu. Gas yang diproduksi oleh kumpulan bakteri yang hidup di dalam mulut ini memakan makanan dan gula yang tertinggal di mulut, sehingga akhirnya mengeluarkan aroma yang bau. Itulah sebabnyaflossing sangatlah penting.

Adanya Gangguan Kesehatan

0a3719e5d0abcc6d6424748b44ea73b8

Tak semua bau mulut disebabkan oleh kondisi gigi yang buruk. Bau mulut ternyata juga bisa mengindikasikan penyakit tertentu. Misalnya saja jika nafasmu berbau seperti bau buah-buahan atau manis, hal ini dapat menandakan gejala penyakit diabetes. Ketika bau mulutmu seperti amonia bisa jadi menandakan penyakit ginjal. Namun langkah awal yang harus kamu lakukan jika bau mulutmu mulai mengganggu adalah dengan menemui dokter gigi sebelum berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam. Jika setelahnya bau mulut tak juga hilang padahal kamu tidak ada masalah dengan mulut dan gigimu, pergilah ke dokter THT untuk mengetahui kalau-kalau kamu menderita sinus atau ke spesialis gastroenterologi untuk melihat apakah ada masalah dengan pencernaanmu.

Dehidrasi

bahaya-dehidrasi

Mungkin kamu belum tahu jika dehidrasi juga merupakan salah satu penyebab bau mulut. Ketika kamu dehidrasi, mulutmu tidak memproduksi air liur sebanyak biasanya. Padahal air liur merupakan cara alami untuk melawan bakteri karena mengandung zat antibakteri. Tanpa air liur, bakteri akan tumbuh dengan subur sehingga mulut pun mengeluarkan bau tidak sedap.

Nah sekarang sudah tahu kan ladies, penyebab bau mulut? Jika kamu merasakan salah satu hal di atas, tidak perlu panik. Kamu bisa mengatasi bau mulut, kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

1. Rutin pergi ke dokter gigi untuk memastikan jika gusimu sehat, serta tidak ada plak pada gigimu. Pastikan juga tambalan gigi terpasang sempurna.

2. Bersihkan lidah selama 2 menit sebanyak 2 kali dalam sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Menggosok gigi bisa membersihkan 60% permukaan gigi. Jadi agar semakin bersih, bersihkan gigimu di siang hari dengan sikat gigi atau floss.

3. Kunyah permen karet yang tidak mengandung pemanis untuk menambah produksi ludah sehingga mulut tidak kering.

4. Buatlahfood diary dan obat-obatan yang kamu konsumsi untuk dibawa ke dokter sewaktu-waktu ada masalah.

Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s