Kenali 8 Penyebab Punggung Bungkuk

Tulang punggung manusia normalnya berbentuk agak melengkung di bagian leher, punggung atas, dan juga punggung bawah. Bentuk lengkung dari tulang belakang ini untuk menahan terjadinya kejutan akibat guncangan dan juga menahan beban dari kepala. Ketika tulang punggung bagian atas terlalu melengkung, kamu mungkin mengalami kondisi yang disebut dengan kifosis atau tubuh bungkuk. Yuk simak penyebab tubuh bungkuk.

Osteoporosis

4994376_l

Osteoporosis menyebabkan penipisan pada tulang sehingga memungkinkan tubuh untuk mengalami kebungkukan. Tulang belakang yang telah mengalami penipisan akan mudah melengkung sehingga menjadi bungkuk. Osteoporosis sangat rentan dialami oleh lansia dan juga wanita.

Degenerasi Disk

3195

Di antara susunan tulang belakang terdapat bagian yang memiliki bentuk lembut dan berbentuk melingkar. Semakin tua usia seseorang maka akan semakin tergerus dan membuat tipis bagian disk tersebut, sehingga dapat menyebabkan tubuh bungkuk.

Sering Menahan Rasa Sakit

Penyebab yang satu ini bisa dialami oleh sisapapun tanpa mengenal usia. Ketika mengalami rasa sakit seseorang cenderung akan memposisikan tubuh dalam kondisi meringkuk. Menahan rasa sakit dengan meringkuk akan membuat bentuk punggung melengkung dan lama kelamaan akan menjadikan tubuh bungkuk. Karena itu sebaiknya ketika merasa sakit, posisikan tubuh dalam keadaan terlentang.

Kekurangan Asupan Nutrisi

nutrition

Kekurangan asupan nutrisi seperti vitamin dan kalsium menyebabkan tulang punggung dan otot tidak cukup kuat dan fleksibel untuk membentuk postur tubuh yang sempurna. Tidak menutup kemungkinan ini juga akan membuat bentuk tulang punggung melengkung dan tubuh menjadi bungkuk.

Faktor Genetik

Sudah berusaha maksimal mungkin untuk memiliki bentuk tubuh ideal namun ternyata tidak memberikan hasil yang diinginkan. Bisa jadi kondisi tersebut disebabkan oleh faktor keturunan. Deteksi tanda- tanda anak akan memiliki tubuh yang bungkuk sejak dini dengan memeriksakan anak ke dokter tulang atau fisioterapi.

Berat Badan Berlebih

Cara-Mengatasi-Perut-Buncit-Pada-Wanita-Kurus

Berat badan berlebih bisa menjadi salah satu penyebab tubuh bungkuk. Selain itu, wanita yang memiliki ukuran payudara besar atau pria yang memiliki perut buncit sangat mungkin untuk memiliki tubuh bungkuk. Hal tersebut terjadi karena tubuh akan cenderung condong ke depan sebab tubuh menahan beban. Jadi ladies, jaga bentuk tubuhmu agar berada dalam berat yang ideal ya.

Kebiasaan

Cara berjalan yang sering mencondongkan tubuh ke depan, cara membawa tas di satu bagian bahu, membawa beban terlalu berat, menulis atau membaca buku dimeja terlalu dekat atau kebiasaan buruk lainnya akan menyebabkan tubuh rentan untuk membungkuk karena tulang punggung terlanjur membiasakan posisinya.

Pilihan Pakaian yang Salah

most-comfortable-high-heels

Gunakanlah pakaian yang nyaman dan hindari pula pemakaian jenis sepatu hak tinggi terlalu sering. Ketika tubuh memakai pakaian atau sesuatu yang tidak nyaman, secara otomatis tubuh akan mengalami perubahan pusat gravitasi sehingga memungkinkan untuk mengalami bungkuk. Tubuh bungkuk saat usia muda masih sangat mungkin untuk diperbaiki dengan melakukan berbagai jenis latihan fisik. Sedangkan, seseorang pada usia lansia biasanya akan sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk mengatasi masalah tubuh bungkuk tersebut.

Nah itu dia, ladies penyebab dari punggung bungkuk.Jadi, jaga postur tubuhmu sejak dini dan hindari pula beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan tubuh bungkuk seperti yang telah dijelaskan di atas ya.

Sumber: http://www.kawaiibeautyjapan.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s