DONOR DARAH, DARI MANFAAT HINGGA MITOS & FAKTA

Berbuat kebaikan untuk sesama manusia bisa dilakukan dengan berbagai cara dan ternyata tidak selalu harus mengeluarkan sejumlah biaya ataupun tenaga yang besar. Salah satunya dengan melakukan donor darah. Seperti kita ketahui bersama bahwasannya donor darah merupakan salah satu bentuk tindakan sosial yang sangat mulia dan tidak mengenal pamrih. Namun sayang, belum banyak orang yang tergerak hatinya untuk mau menyumbangkan darahnya demi untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Bagi penerima donor tentu saja bisa tertolong nyawanya akibat kondisi tertentu yang memaksanya mendapat transfusi darah. Selain bermanfaat bagi penerima, nyatanya donor darah pun memberikan keuntungan bagi para pendonor yaitu

1. Melindungi jantung

landscape-1431376371-heart-health-1000

Mereka yang secara aktif mendonorkan darah pastinya akan mendapati jantung yang jauh lebih sehat. Penelitian membuktikan bahwa pendonor darah aktif cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung. Pendonor darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung. Tak hanya itu, mereka pun mengurangi resiko hingga 33% menderita penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Membantu menurunkan kadar zat besi yang berlebihan di dalam darah

Zat besi terdapat di dalam sirkulasi darah setiap orang. Setiap kali seseorang melakukan donor darah, kegiatan ini terbukti menurunkan kadar zat besi di dalam tubuh. Penurunan zat besi berarti mengurangi resiko terkena penyakit jantung atau kardiovaskular lainnya. Zat besi diketahui mempercepat proses oksidasi kolesterol di dalam tubuh manusia. Hal inilah yang berdampak tidak baik bagi arteri dan berdampak terjadinya aterosklerosis atau penyumbatan pembuluh darah.

3. Memperbaharui sel-sel darah secara rutin

Tubuh secara berkala akan memperbaharui sel-sel darah di dalamnya. Hanya saja proses ini ternyata berbeda antara seseorang yang melakukan donor darah dan tidak. Bagi mereka yang konsisten/ rajin mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam setelah donor darah. Dalam waktu tersebut, volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru. Setidaknya 4 hingga 8 minggu ke depan, sel darah baru telah terbentuk dan membantu fungsi setiap organ. Dengan begini, tubuh akan terlihat jauh lebih segar dan sehat serta produktif melakukan berbagai aktivitas.

4. Pemeriksaan kesehatan secara gratis

Seseorang yang berniat mendonorkan darahnya akan diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan bahwa kondisi tubuhnya prima. Sudah bisa dipastikan kita mendapatkan pemeriksaan gratis dari dokter atau tenaga ahli. Sehingga kita pun tahu bagaimana tekanan darah kita, kadar hemoglobin hingga berat badan pada saat itu. Jadi, Anda tak perlu takut lagi untuk melakukan donor dengan alasan kekurangan darah.

5. Mendapat pemeriksaan analisis darah secara gratis

Ketika Anda melakukan donor darah, maka sample darah yang Anda miliki akan diperiksa di laboratorium. Hal ini guna mengetahui apakah Anda mengalami penyakit tertentu atau tidak. Langkah ini untuk memastikan apakah Anda memenuhi syarat menjadi pendonor darah atau tidak.

6. Mencegah penuaan dini

5-Best-Anti-Aging-Herbs2

Stress menjadi salah satu pemicu terjadinya penuaan dini pada seorang wanita. Tak ada seorang wanita pun yang ingin terlihat tua dan keriput di wajah. Donor darah secara teratur akan membantu kulit Anda beregenerasi secara sempurna. Keriput pun tidak mudah timbul karena kulit yang selalu mengencang. Tak perlu mahal-mahal melakukan perawatan kecantikan di pusat kecantikan, Anda pun bisa mendapatkannya.

7. Meningkatkan kepedulian terhadap sesama

8. Membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan

9. Meningkatkan produksi sel darah merah

10. Membantu sirkulasi darah

11. Meningkatkan fungsi paru-paru dan ginjal

12. Meningkatkan kesehatan psikologis

Lalu, apa saja mitos dan fakta yang beredar di masyarakat tentang donor darah??

Mitos : setelah melakukan donor darah maka kita harus beristirahat seharian penuh.

Fakta : kita dapat dengan mudah melanjutkan kegiatan sehari-hari secara rutin setelah menyumbangkan darah, tetapi dengan catatan

  • Cukupi kebutuhan cairan dengan meminum banyak air putih ata jus dalam waktu 24 jam setelah donor darah
  • Hindari paparan sinar matahari
  • Hindari mengemudi selama 2-3 jam berikutnya
  • Hindari merokok selama 4 jam
  • Hindari alkohol selama 24 jam

Mitos : donor darah adalah suatu proses yang menyakitkan

Fakta : menyumbangkan darah tidak menyakitkan sama sekali. Kita hanya merasakan sensasi seperti dicubit ketika jarum menusuk lengan.

Mitos : donor darah dapat menyebabkan stress, sakit kepala parah dan muntah

Fakta : donor darah tidak akan menyebabkan stress, sakit kepala dan muntah jika tekanan darah anda dalam batas normal sebelum melakukan donor darah.

Mitos : donor darah dapat menurunkan tingkat kekebalan tubuh

Fakta : tingkat kekebalan tubuh seseorang tidak terpengaruh hanya karena mendonorkan darahnya.

Mitos : mendonorkan darah dapat berpengaruh terhadap kadar gula darah

Fakta : donor darah tidak akan mempengaruhi kadar gula di dalam darah, namun bagi seorang penderita diabetes yang sedang menerima insulin tidak disarankan menyumbangkan darahnya

Mitos : sering melakukan donor darah membuat tubuh kekurangan zat besi

Fakta : individu yang sehat dengan kebiasaan makan yang baik dapat mendonorkan darahnya hingga 4 kali dalam setahun. Inipun tidak akan membuat kandungan zat besi dalam tubuh berkurang.

Mitos : donor darah membutuhkan waktu yang lama

Fakta : ini salah besar. Prosedur donor darah mulai dari registrasi hingga pengambilan darah berlangsung sekitar setengah jam (30 menit). Bagaimana? Anda sudah mengetahui bukan beberapa manfaat donor darah? Kita tak hanya membantu menyelamatkan nyawa seseorang, namun juga membantu tubuh tetap sehat. Tak adalagi rasa takut kekurangan darah, karena tenaga medis memastikan kita siap melakukannya. Setiap tetes darah yang kita sumbangkan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Jadi, jangan pernah merasa dirugikan jika seseorang meminta kita menyumbangkan darah untuk membantu sesama, terutama keluarga.

BloodDonation-BANNER

Sumber: vivagenerik.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s