UVA dan UVB, Sudah Tahu Perbedaannya?

“Tabir surya itu penting dipakai setiap hari.”

UV
Mungkin Anda telah membaca dan mendengar betapa pentingnya sunscreen atau tabir surya. Alasannya sederhana. Dengan menggunakan tabir surya, kulit akan lebih terlindungi dan terhindar dari bahaya sinar matahari yang dapat merusak kulit. Nah, tidakkah Anda penasaran, seperti apa sinar matahari yang merusak kulit? Begitu juga dengan istilah sunscreen dan sunblock, serta beda SPF dan PA. Baca lebih lengkap, yuk.

Kegunaan Sinar Ultra Violet

Sinar matahari tak selamanya merusak. Tahukah Anda, vitamin D yang berperan dalam pembentukan dan penguatan tulang bisa dibentuk dengan bantuan sinar matahari? Cara mendapatkannya tentu saja dengan berjemur! Dulu, Anda disarankan untuk berjemur sekitar 10-15 menit tiap pagi antara pukul 7 hingga pukul 10. Namun, berbeda dengan keadaan saat ini. Patokan waktu menjemur ini kini tak lagi berlaku. Lapisan ozon yang mulai tipis akibat emisi senyawa kimia membuat sinar matahari tidak tersaring dengan baik. Beberapa sinar radiasi yang cukup merusak muncul semakin awal. Ini sebabnya, Anda disarankan tidak berjemur di atas pukul 9, karena radiasi sinar UVA yang jauh lebih banyak.

Radiasi Dalam Sinar Matahari

Sinar matahari pada umumnya memiliki 3 jenis sinar radiasi yang dibagi berdasarkan panjang gelombangnya: sinar Ultra Violet A (UVA) dengan gelombang panjang, sinar Ultra Violet B (UVB) dengan gelombang pendek, dan sinar Ultra Violet C (UVC) dengan gelombang sangat pendek. Semakin pendek gelombang, semakin besar tingkat radiasi yang bisa merusak kulit. Di antara semua sinar ultra violet, UVC adalah yang paling merusak. Untunglah, lapisan ozon bumi mampu menghalau sinar UVC sehingga hanya sinar UVA dan UVB yang masuk.
Sinar UVA dan UVB ini juga tidak bebas dari masalah. Untuk mudahnya, bayangkan sinar UVA sebagai UVAging dan UVB sebagai UVBurning. Jika terpapar sinar matahari terlalu lama, UVA akan menembus lapisan kulit lebih dalam dan dapat menyebabkan penuaan kulit berupa keriput dan noda hitam. Menurut penelitian dari World Health Organization, paparan sinar UVA ini bahkan bisa menyebabkan kanker.
Bagaimana dengan sinar UVB? Pembentukan vitamin D pada tubuh adalah hasil paparan sinar matahari yang mengandung sinar UVB. Namun, terpapar sinar UVB terlalu lama akan membakar kulit dan merusak melanin, yang mengakibatkan kulit yang lebih menggelap.
Pentingnya Tabir Surya Berlabel SPF dan PA
Untuk menghindari penuaan atau kulit menggelap, peran tabir surya inilah yang dibutuhkan. Meski berada dalam ruangan atau cuaca sedang mendung, sinar radiasi tetap dapat menjangkau Anda. Sinar UVA bisa menembus kaca dan tak terpengaruh cuaca, sedangkan sinar UVB tidak. Jadi, ketika memilih tabir surya, pastikan produknya mengandung label SPF dan PA.
SPF (Sun Protection Factor) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap UVB yang menggelapkan kulit atau membuat kulit menjadi merah, sedangkan PA (Protection Grade of UVA) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap UVA yang menyebabkan penuaan kulit. Untuk paket lengkap, Anda bisa memilih produk dengan labelbroad spectrum yang mencakup perlindungan untuk UVA dan UVB.
Sekarang cek slide untuk info penting lainnya seputar tabir surya, yuk. Anda bisa memilih produk tabir surya di sini atau klik foto di bawah.

SUNSCREEN DAN SUNBLOCK BERBEDA

Masih banyak yang tidak sadar dengan perbedaan keduanya. Sesuai namanya, sunblock akan menangkal segala yang ada pada sinar matahari, mulai dari sinar UVA, sinar UVB, dan vitamin D (yang baik untuk tulang). Sunscreen tidak menangkal semuanya, hanya menyaring sinar radiasi yang merusak. Perbedaan lainnya ada pada tekstur. Ketika diaplikasikan, sunblock biasanya lebih lengket dan tebal, dan warnanya yang lebih putih.

Sumber: Sociolla.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s