4 Hal yang Menyebabkan Ukuran Pori-Pori Membesar

487407598

Saat berkaca, apakah Anda dapat melihat jelas pori-pori di kulit wajah? Kulit kita semua pasti memiliki pori-pori, dan jenis kulit biasanya ikut memengaruhi seberapa besar ukurannya. Anda yang punya kulit kering biasanya memiliki ukuran pori-pori yang kecil. Beda lagi dengan Anda yang memiliki kulit berminyak, biasanya ukuran pori-pori lebih besar. Nah, selain jenis kulit, ada lagi beberapa hal yang menyebabkan ukuran pori-pori membesar. Ayo cari tahu dulu di sini!

1. PRODUKSI MINYAK BERLEBIH

Betul, minyak sangatlah berguna untuk kulit karena dapat menjadi pelembap kulit secara alami dan mencegahnya dari kekeringan. Setiap kulit pun memiliki kelenjar minyak, namun apabila produksi minyak sudah berlebihan, dan ditambah lagi dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Hal ini menyebabkan pori-pori akan tersumbat dan minyak tidak bisa keluar secara alami yang berakibat pada ‘pembengkakan’ ukuran pori-pori.

2. LALAI MEMBERSIHKAN WAJAH

Tidak hanya sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Lalai membersihkan wajah setiap harinya pun menjadi salah satu penyebab pori-pori di wajah membesar. Kotoran seperti sisa makeup, dan debu yang belum terangkat dapat menempel dan bersarang dalam pori-pori. Rutin melakukan double cleansingsetiap malam, membersihkan kulit di pagi hari penting untuk dilakukan. Bagi yang suka berolahraga, membersihkan kulit sebelum atau sesudahnya pun jadi suatu kewajiban loh karena keringat bisa membawa makeup atau kotoran masuk ke dalam pori-pori.

3. JARANG MELAKUKAN EKSFOLIASI

Pori-pori yang tersumbat pasti ukurannya semakin membesar. Kalau Anda jarang melakukan eksfoliasi, tentunya tidak akan ada perubahan positif yang akan terlihat. Eksfoliasi penting dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk. Pilih exfoliator dengan kandungan BHA yang tidak hanya mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit, namun juga mampu masuk ke dalam lapisan kulit untuk membersihkan pori-pori.

4. LUPA MEMAKAI TABIR SURYA

Mungkin dari Anda sudah mengetahui manfaat vitamin D dari  sinar matahari pagi. Namun saat sudah melebihi pukul 09:00 atau 10:00 pagi, sinar matahari akan berubah menjadi berbahaya untuk kulit. Pancaran sinar matahari siang dapat memperlemah kolagen yang mampu menjaga kekencangan pori-pori. Jangan lupa gunakan tabir surya yang mampu melindungi kulit wajah setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas ya!

Sumber: Sociolla.om

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s