Manfaat Raw Diet, Bikin Kulit Lebih Sehat & Jarang Sakit

Pola makan yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh diyakini merupakan salah satu faktor yang dapat membuat tubuh itu sendiri menjadi lebih sehat. Salah satu pola makan yang diklaim memiliki kelebihan tersebut adalah raw diet.

Definisi raw diet sendiri merupakan pola makan dengan mengonsumsi sayuran, buah, rerumputan, tanaman liar yang bisa dimakan, kacang, biji-bijian dan umbi, serta bahan-bahan lainnya. Cara mengolahnya difermentasi secara mentah atau tidak dimasak melebihi sekitar 42-45 derajat Celcius.

“Makanan dari sumber yang mentah seperti sayuran, buah, kacang dan biji-bijian dengan banyak kandungan vitamin dan enzim, antioksidan, oksigen, air, ketika kita konsumsi dalam bentuk mentah akan memberikan manfaat membersihkan tubuh dan merawat tubuh kita juga memenuhi kecukupan nutrisinya,” papar salah seorang praktisi raw diet di Indonesia, Deasi Srihandi.

Kepada detikHealth, Deasi mengungkapkan beberapa manfaat dari penerapan raw diet terhadap tubuh, yaitu di antaranya:

1. Kulit menjadi lebih sehat

Menurut pengalaman Deasi yang sudah menerapkan raw diet selama 7 tahun terakhir, dengan menerapkan pola makan alami ini kulitnya kini menjadi jauh lebih sehat. Kulit juga tidak akan mudah terbakar sinar matahari. Jika tadinya sudah mengalami keriput, kulit pun menjadi lebih kencang dan elastis.

“Kita menjadi tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kesehatan kulit ke salon. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti raw food, kulit akan menjadi sehat dengan sendirinya,” tutur Deasi.

Masalah kulit yang umum seperti jerawat, keriput dini, bintik-bintik hitam/noda pada wajah, komedo, kulit terlalu kering, dan kulit terlalu berminyak pun akan hilang dengan sendirinya.

2. Pangkas risiko penyakit

Dengan raw diet yang prinsipnya tidak diolah berlebihan untuk menjaga enzim, Deasi menyebutkan pola makan ini membantu perawatan penyakit dan mengurangi risiko terkena penyakit seperti kanker, tumor, penyakit jantung, diabetes, asam urat dan asma.

“Selain itu, masalah kesehatan lain yang umum dialami seperti keputihan, asma, sakit tulang, sulit tidur, dan sering capek juga akan berkurang. Kita jadi lebih sehat dalam mengatasi masalah emosional dan masalah dalam kehidupan sehari-hari karena kita memiliki pemikiran yang lebih jernih,” papar Deasi.

Menurut Deasi, dengan mengutamakan asupan alami, tubuh pun secara alami akan menjadi lebih kuat melindungi kita dari memerangi infeksi, efek negatif bakteri, jamur, dan parasit. “Ketika kita sakit atau capek, tubuh juga akan dengan mudah memulihkan kondisi,” ungkapnya.

3. Membantu menyehatkan mata

Deasi semakin menyukai raw diet karena ia merasakan manfaat pada indra penglihatannya. Ia mengaku kini penglihatannya jauh lebih baik setelah 7 tahun menerapkan raw diet.

“Tadinya saya memiliki kondisi mata minus dan silinder, tapi sejak mengonsumsi lebih banyak makanan mentah, saya tidak lagi membutuhkan kacamata. Sekarang saya bebas dari kacamata,” ujar ibu dari 7 orang anak ini.

4. Tubuh lebih fit dan bugar

Di usianya yang sudah 36 tahun, Deasi yang sering menghabiskan waktu untuk bercocok tanam di greenhouse miliknya mengungkapkan tubuhnya jarang terasa lelah. Dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya pun ia merasa lebih fit dan segar.

“Saya kini lebih banyak berolahraga fisik dan mengambil tantangan fisik yang lebih berat tanpa merasa capek. Setiap hari biasanya saya berolahraga bela diri, memanah, ke ladang, serta bekerja sambil menggendong anak. Tubuh teasa lebih fit dan kuat,” tuturnya.

5. Mengurangi bau badan

Dengan mengonsumsi berbagai asupan yang alami dan tidak diolah secara berlebihan, Deasi mengungkapkan makanan raw food membuat tubuh kita tidak berbau alias membantu mengurangi bau tubuh. “Feses juga tidak akan memiliki bau yang menyengat,” imbuhnya.

Deasi menyimpulkan, rata-rata orang yang menerapkan raw diet umumnya memiliki energi yang lebih banyak, tubuh terasa lebih sehat, tidak memiliki masalah obesitas dan bahkan selalu langsing. Rambut pun akan menjadi lebih indah. Masalah pada rambut seperti ketombe dan rambut rontok pun akan lenyap.

#sumber: detikhealth.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s