Cara Hapus Komedo

Komedo-Alodokter

Komedo, jerawat yang pada dasarnya terbuka, dapat muncul pada setiap bagian dari tubuh Anda dan sangat susah untuk menanganinya. Jika Anda mencari cara untuk menghilangkan komedo , cobalah beberapa perawatan ini untuk membersihkan kulit dan menghentikan pembentukan bintik-bintik gelap yang mengganggu. Dengan beberapa penyesuaian yang sangat mudah untuk perawatan kulit , Anda dapat memiliki kulit bersih yang selalu di idamkan (dan pantas menerima).

Metode 1 dari 4: Menghindari memperburuk Kulit Anda

1. Tidak pernah mengorek atau memencet komedo Anda.

Menggunakan jari-jari  untuk mencoba menghilangkan komedo malah menambah lebih banyak kotoran dan bakteri ke dalam pori, membuat kulit penuh dengan komedo. Sesulit mungkin, hindari menyentuh kulit dan menghilangkan komedo dengan paksaan setiap saat. Ini dapat menyebabkan benjolan pada kulit.

2. Jangan menggunakan removal tools komedo sendiri.

Banyak toko sekarang menawarkan alat yang bisa menghilangkan komedo untuk dilakukan sendiri dirumah. Namun, alat ini kerap  penuh dengan bakteri dan dapat melukai kulit Anda. Tinggalkan menggunakan alat itu untuk para profesional dan tetap menggunakan pembersih dan exfoliant.

3.Hindari exfoliant yang kasar.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, menggunakan exfoliant yang keras hanya dapat mengiritasi dan membuat komedo lebih parah. Jika Anda merasa sakit dari exfoliant, berhenti menggunakannya dan ganti dengan pembersih yang lebih lembut. Coba gunakan oatmeal sebagai exfoliant paling lembut jika Anda mengalami masalah dengan scrub yang keras.

Cuci wajah Anda dua kali sehari. Penyebab komedo adalah kulit kotor, jadi pastikan kulit anda bersih dan cerah dengan mencuci wajah dipagi dan malam hari. Selalu pastikan untuk menghapus semua make up sebelum mencuci wajah (jika Anda mengenakannya). tindak lanjuti mencuci wajah secara rutin dengan pelembab wajah yang lembut untuk menjaga kulit Anda dari minyak berlebih yang menyebabkan komedo.

4. Cuci sarung bantal Anda.

Sarung bantal menangkap sel-sel kulit mati dan minyak berlebih dari wajah ketika Anda tidur menempel pada sarung bantal. Cuci sarung bantal setidaknya sekali seminggu untuk menghilangkan penumpukan kotoran dari kain untuk membantu menjaga wajah bebas dari komedo.

Jangan menyentuh wajah Anda. Bahkan jika Anda tidak mengorek komedo , menyentuh wajah sama dengan memindahkan bakteri dari tangan ke wajah Anda. Tangan adalah bagian paling kotor dari tubuh  dan sering menjadi penyebab dari banyaknya kasus komedo. Hindari menempelkan wajah diatas tangan atau sia-sia menyentuh kulit Anda.

Metode 2 dari 4: Pembersihan untuk Hapus Komedo

1. Gunakan madu dan kayu manis.

Madu merupakan antibiotik alami dan bekerja untuk menarik keluar kotoran dari pori-pori yang terbuka. Campurkan satu sendok makan madu dengan ½ sendok teh kayu manis  gunakan jari  untuk oleskan ke kulit kering Anda. Gosok dengan gerakan melingkar selama tiga menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Pastikan untuk mencuci tangan Anda sebelum Anda mulai menerapkan masker.

2. Coba masker putih telur.

Putih telur membantu untuk mengencangkan pori dan mengeluarkan kotoran yang tersumbat memberikan rasa lembut, kulit bersih. pisahkan kuning dari dua telur dan mengoleskannya dengan tipis di wajah . diamkan selama dua menit sampai kering, kemudian tambahkan putih yang tersisa di lapisan kedua. Berikan tambahan 10-15 menit sampai kering untuk hasil maksimal, atau sampai putih yang halus untuk disentuh dan kulit terasa kencang. Gunakan air hangat untuk membilas.

3. Membuat masker lumpur.

Ada banyak berbagai jenis kosmetik lumpur yang tersedia dalam bentuk bubuk, masing-masing dengan manfaat khusus mengeringkan pori berminyak dan menghilangkan residu yang tidak diinginkan. Campurkan satu sendok makan bubuk lumpur dengan cuka sari apel secukupnya untuk membuat pasta, dan oleskan di wajah . Diamkan selama 10-15 menit sampai kering untuk disentuh, dan kemudian bilas dengan air hangat.

4. Bersihkan dengan oatmeal dan yogurt.

Asam laktat dalam yogurt dan kualitas menenangkan campuran oatmeal untuk membuat formula blackhead-blocking. Buatlah pasta dari tiga sendok makan yoghurt, dua sendok makan gandum utuh, dan beberapa tetes jus lemon dan minyak zaitun. Terapkan pada wajah dengan tangan pada daerah yang terkena. Biarkan sampai 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Gunakan pasta dari fenugreek.

Fenugreek? benar sekali – menggunakan dedaunan hijau dicampur dengan air untuk membentuk pasta. Selain banyak manfaat kesehatan lainnya, fenugreek telah menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk menghapus komedo. menerapkan pastadi wajah dan biarkan selama sepuluh menit, dan kemudian bilas.

6. Coba kunyit dan jus mint.

Kedua rempah-rempah mungkin Anda miliki di lemari dapur , kunyit dan mint membantu untuk membersihkan pori kotor. Buat minuman teh mint dan biarkan dingin. Kemudian, tambahkan dua sendok makan cairan dengan satu sendok makan bubuk kunyit dan terapkan ke wajah . Biarkan selama sepuluh menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

7. Membuat solusi pembersihan garam epsom.

Garam Epsom dicampur dengan yodium membentuk combo pertempuran-bakteri yang sempurna untuk menghilangkan komedo. Campurkan satu sendok makan garam epsom dengan air panas dan beberapa tetes yodium. Biarkan campuran ini, aduk sesekali untuk melarutkan garam sepenuhnya ke dalam air panas. Kemudian, gunakan sedikit kapas untuk menyeka kulit Anda, biarkan itu mengering diwajah . Lalu dengan lembut bilas campuran dengan air hangat bersih.

Metode 3 dari 4: Exfoliating untuk Bersihkan Pori-pori Anda

1. Coba lemon dan garam exfoliant.

Kualitas memurnikan lemon dicampur dengan efek scubbing dari bantuan garam untuk menghapus semua kotoran terpendam dalam pori. Campur jus lemon dengan satu sendok makan yogurt, satu sendok makan garam, dan sedikit madu. Gunakan ini untuk menggosok daerah komedo rawan Anda selama 2-3 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

2. Membuat scrub teh hijau.

Teh hijau yang bagus untuk diminum, dan juga bagus untuk menyegarkan kulit Anda. Dikemas penuh nutrisi, teh hijau bekerja sebagai scrub untuk menghilangkan kotoran sementara memasok wajah dengan antioksidan yang sehat. Campurkan campuran teh hijau dengan sedikit air dan gosok di wajah. Jika  ingin, Anda dapat biarkan itu untuk  selama 2-3 menit setelah scrub , dan kemudian hanya bilas dengan air hangat

3.Gunakan baking soda untuk pengelupasan kulit.

Baking soda adalah salah satu zat ajaib dalam hidup yang sangat bagus untuk segudang tujuan . Selain menjadi pembersih alami, bubuk butir halus membersihkan sel-sel kulit mati. Gunakan baking soda dan sedikit air untuk membuat pasta, dan kemudian gosok dengan  lembut,  gerakan melingkar di seluruh permukaan wajah. Jika Anda memiliki komedo sangat parah, oleskan lapisan tebal pasta pada daerah yang terkena dan biarkan hingga kering selama 5-10 menit sebelum membilas.

4. Campur tepung jagung dengan sabun wajah .

Tepung jagung digunakan sebagai exfoliant abrasif bila dikombinasikan dengan sabun wajah cair biasa. Campur satu sendok teh tepung jagung dengan pencuci wajah favorit Anda dan menggosok wajah  dengan lembut dalam pola melingkar. Hati-hati untuk tidak menggosok terlalu kasar, karena hal ini secara tidak sengaja dapat merusak kulit . Bilas sabun dan tepung jagung dengan air hangat.

5. Menggunakan solusi susu dan pala.

Mungkin exofilant berbau yang terbaik, asam laktat susu dikombinasikan dengan butiran  pala menghilangkan komedo dengan cepat dan dengan cara yang terbebas rasa sakit. Campurkan satu sendok makan susu (terutama buttermilk) dengan cukup pala untuk membuat pasta. Oleskan campuran ini ke wajah Anda sementara menggosok lembut  untuk mengangkat kulit mati dan kotoran. Kemudian gunakan air hangat biasa untuk membilas bersih campuran pada kulit.

6. Coba exfoliator yang dijual di toko.

Jika Anda tidak siap untuk membuat exfoliator sendiri di rumah, lihat ke dalam produk exfoliating pada pasokan kecantikan lokal  atau toko obat. gunakan ini secara teratur untuk membantu membersihkan pori dan menghilangkan komedo Anda. Pengelupasan kulit dan seberapa sering tergantung pada jenis kulit : Jika memiliki kulit berminyak atau kombinasi, harus exfoliate sekitar 3-5 kali per minggu. Jika  memiliki kulit kering atau bahkan kulit sensitif,  hanya exfoliate sekali seminggu. Dengan kulit normal,  bisa exfoliate setiap hari. Dalam setiap kasus ini, harap ingat untuk pengelupasan lembut dan jangan berlebihan karena ini menyebabkan  masalah lebih lanjut jika kulit anda iritasi.

Metode 4 dari 4: Menggunakan Spa dan chemical treatments

1. Gunakan pembersihan pori strip .

Ini adalah strip kecil dari bahan katun yang didukung dengan solusi super lengket yang mengering di wajah Anda. Ikuti arahan dari kemasan dengan keadaan wajah lembab dan terapkan strip ke daerah komedo  . tunggu 15 menit untuk strip kering, dan kemudian merobek strip itu cepat untuk menarik keluar komedo . Pilihan ini menawarkan hasil segera, tetapi harus diikuti oleh salah satu rutinitas pembersihan tersebut untuk memberikan hasil jangka panjang

2. Coba peel wajah.

Gel yang mengandung asam salisilat menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang terjebak dalam pori. memperoleh kulit asam salisilat dari toko obat terdekat atau mengunjungi spa lokal untuk perawatan profesional. Gunakan dengan menerapkan dalam lapisan tipis ke daerah yang terkena, diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Gunakan mikrodermabrasi.

Ini adalah proses spa khusus yang bekerja dengan menggunakan sikat dan kimia pembersih khusus untuk membersihkan sel-sel kulit mati. Ini sering  tersedia di spa dan klinik dokter kulit , tetapi beberapa toko peralatan kecantikan menawarkan versi penggunaan di rumah. Dapatkan perawatan ini secara teratur untuk menerima hasil terbaik

4. Gunakan pembersih retinoid.

Pembersih retinoid yang dikemas penuh dengan kulit-mengandung vitamin A, yang membantu untuk meningkatkan pertumbuhan kulit dan mencegah penumpukan minyak. Anda dapat menemukan pembersih retinoid dan krim di toko obat favorit Anda. Gunakan 2-3 kali seminggu selain rutin rutin membersihkan kulit bisa juga untuk menjaga pori-pori dari komedo.

5. Lakukan Facial.

Meski menggunakan alat penghilang komedo dengan sendiri dapat menyebabkan kerusakan pada kulit , dapatkan profesional facial yang dapat memberikan hasil langsung  dengan alat menghapus komedo. tanya dokter kulit  atau esthetician untuk facial yang berbeda yang ditawarkan dan memutuskan mana yang terbaik untuk jenis kulit Anda. Mendapatkan ini facial komedo sekali setiap 2-4 minggu dapat membantu untuk menjaga kulit  bersih dari waktu ke waktu.

Sumber: wikihow.com

Advertisements

2 thoughts on “Cara Hapus Komedo

  1. Suka dengan tips tips D.I.Y nya! Bisa diterapkan kalau lagi low budget! Keren keren mau coba ah. Sekarang ini aku kalau komedo langsung ngadelin produk kecantikan dibandingin alami, maklum anak kost ga sempet beli bahan bahan:” *mau ditaro dimana lagian*
    Makasih ya udah ngepost ini, bantu bgt kalau entar pulang kerumah mau nyoba:))

    • Hallo Wanda
      Terimakasih atas apresiasinya :)) Semoga tips-tips dari kami bisa membantu mba. Ada Tips-tips kecil di twitter kami juga di @RafaSkinCare.

      Untuk pencegahan/menghilangkan komedo bisa melakukan facial di klinik kami 🙂 Info lebih lanjut hubungi: 022-87787281 atau Pin BB: 5B5A749C

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s