8 Tips Jaga Rambut Sehat Saat Berhijab

1502-WP-Unveil-by-Sya-iStock-03 (1)

Memakai hijab bukan berarti bisa membatasi apa yang bisa kamu lakukan, terutama perhatian mengenai merawat rambut. Justru karena rambut kamu tertutupi oleh kerudung, kamu perlu lebih intensif merawatnya.

Dengan cuaca Indonesia yang cukup lembab dan panas, seringkali kamu akan tidak nyaman saat pakai hijab. Nah, untuk mengatasi hal ini dan untuk merawat rambut tetap sehat saat berhijab, coba ikuti tips berikut ini ya Ladies.

Sisir rambut sebelum keramas

Sisir rambut dengan sisir bergigi besar sebelum mandi dan keramas untuk melepaskan rambut-rambut yang kusut. Cara ini cukup efektif karena biasanya wanita mengikat rambutnya ke atas dan bergesekan dengan kain sehingga bisa membuat rambut kusut. Kamu juga bisa menggunakan kondisioner untuk menyegarkan dan melembutkan rambut.

Hindari pakai hijab saat rambut masih basah

Mengikat rambut saat masih basah menyebabkan kerusakan pada akar rambut sehingga membuat rambut mudah rontok. Rambut juga bisa mengembangkan bakteri yang membuat rambut kotor, gatal dan bau. Hal ini juga bisa menyebabkan rambut lepek dan terlihat tipis serta merusak tekstur rambut dan meninggalkan bekas bergelombang. Keramas beberapa jam sebelum pakai hijab.

Sering cuci ikat rambut dan ciput

Penting sekali mencuci lebih sering dalaman hijab atau ciput karena pasti terkena keringat dan kotor. Jika dalaman hijab kotor, bisa menyebabkan rambut berbau tak sedap. Maksimal pakai dalaman rambut yang sama hingga tiga kali pakai.

Biarkan rambut kering dengan sendirinya

Setelah keramas, jangan keringkan dengan hair-dryer agar rambut tidak rusak. Biarkan rambut kering dengan sendirinya. Jika ingin mengeringkan lebih cepat, kipas dengan kipas angin saja.

Pastikan kamu tidak mengikat rambut terlalu kuat

Mengikat rambut terlalu kuat dan ketat bisa menarik batang rambut dari akarnya, apalagi kamu mengikatnya selama seharian.  Mengikat terlalu keras juga bisa membuat kepala pusing dan mmbuat rambut rapuh, mudah patah. Ikat agar renggang agar rambut bisa bernafas.

Kenakan hijab dengan bahan yang tidak panas

Pilih hijab dengan bahan yang ringan, tidak panas, menyerap keringat dan nyaman dipakai. Hindari memakai kain nilon atau poliester. Pilih yang katun, spandek dan lain sebagainya yang nyaman dipakai.

Sering ubah belahan rambut

Mengubah belahan rambut juga membantu rambut tetap cantik. Cara ini bisa mencegah rambut terlihat lepek dan tipis. Jadi jika ingin menjaga rambut mengembang sehat dan cantik, ubah belahan rambut kamu.

Masker rambut

Manfaatkan bahan alami untuk menutrisi rambut yang setiap hari diikat dan ditutup. Masker putih telur, lidah buaya, susu dan madu akan sangat baik menutrisi dan membuat rambut kuat dan sehat.

Itu dia sekian cara merawat rambut kamu tetap sehat meski berhijab. Tak ada yang bisa menghalangi kamu untuk tetap tampil cantik dan segar meski berhijab.

Sumber: vemale.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s