TENTANG KERINGAT

hiperhidrosis

Keringat, atau juga dikenal sebagai peluh, merupakan hasil fungsi biologis yang normal dan sehat pada tubuh manusia. Keringat mulai terbentuk sejak beberapa bulan setelah kita lahir. Air, garam, dan protein merupakan zat yang terkandung dalam keringat manusia.

Manfaat keringat yang paling utama adalah untuk menurunkan suhu tubuh kita. Proses ini disebut termoregulasi atau mekanisme pengaturan suhu tubuh. Otak kita mengirimkan sebuah sinyal ke lebih dari 3 juta kelenjar di seluruh tubuh untuk melepaskan keringat. Ketika cairan ini menguap dari kulit kita, suhu tubuh kita pun menurun.

PENYEBAB BERKERINGAT?

Terdapat berbagai faktor penyebab keringat, baik yang berasal dari dalam tubuh maupun sebagai pengaruh situasi sekitar, sebagai berikut:

  • Lingkungan yang panas
  • Gerakan dan aktivitas fisik
  • Perasaan emosional, termasuk stres
  • Makanan panas dan pedas
  • Efek samping obat atau operasi
  • Penyakit, ketika tubuh berusaha melawan infeksi atau demam
  • Perubahan hormonal semisal menopause, kehamilan, menstruasi, atau pubertas

BAU BADAN

hyperhydrosis-treatment-toronto

APA ITU BAU BADAN?

Kamu mungkin mengira bau badan atau BB sama dengan bau keringat. Padahal, keringat kita sebenarnya tidak berbau.

Bakteri-bakteri alami pada permukaan kulit memakan keringat kita dan melepaskan bau yang kita sebut bau badan atau juga dikenal sebagai bromhidrosis. Kondisi hangat dan lembap di ketiak merupakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Kondisi ini juga memerangkap keringat hasil kelenjar apokrin yang lebih rentan melepaskan bau tak sedap. Lebih jauh lagi, keringat di lokasi ini menyebabkan bercak-bercak keringat pada pakaian.

Bau badan pria mulai terjadi pada masa pubertas. Demikian juga dengan bau badan wanita. Pria lebih cenderung mengalami bau badan karena pria berkeringat lebih banyak dari kelenjar apokrin daripada wanita meskipun sebenarnya wanita memiliki lebih banyak kelenjar keringat secara keseluruhan.

Beberapa bahan makanan—seperti bawang putih, masakan berbumbu pedas, dan alkohol—menyebabkan bau badan tak sedap. Beberapa tipe obat juga bisa menjadi penyebab bau badan tak sedap.

CARA MENGHILANGKAN BAU BADAN

Kalau kamu berkeringat banyak, kamu mungkin merasa bau badan menjadi masalah. Berikut ini beberapa cara mengatasi bau badan:

  • Jadikan deodoran penghilang bau badan sebagai bagian dari rutinitasmu sehari-hari.
  • Keringat mudah terjebak di ketiak, kaki, jari-jari kaki, dan selangkangan yang bisa memicu bercak-bercak keringat. Pastikan kamu mencuci bagian-bagian tubuh tersebut secara teratur dan benar, lalu mengeringkannya secara tuntas.
  • Rambut juga memerangkap keringat sehingga menyebabkan bau badan. Mencukur rambut ketiakmu bisa membantu mengatasi bau badan.
  • Kalau kamu mengalami kaki bau, kenakan kaus kaki berbahan serat-serat alami dan cuci setelah dipakai sekali. Hindari juga mengenakan sepatu yang terbuat dari bahan-bahan sintetis.

APA ITU HIPERHIDROSIS?

sering-alami-keringat-berlebih-atasi-pakai-tips-ini-saja-ladies

APA ITU KERINGAT BERLEBIHAN?

Keringat berlebihan terjadi ketika seseorang berkeringat tanpa ada panas atau aktivitas fisik yang memicunya. Kondisi seperti ini bisa menimbulkan dampak besar terhadap rasa percaya diri dan aktivitas sehari-hari. Walau begitu, ada beberapa cara mengatasi keringat berlebih.

Hanya 1% orang yang mengalami kondisi keringat berlebih juga menderita kondisi medis yang disebut hiperhidrosis. Apa itu hiperhidrosis? Hiperhidrosis adalah suatu kondisi yang dipercaya terjadi akibat kelenjar-kelenjar keringat yang bekerja terlalu aktif. Meskipun demikian, penyebab hiperhidrosis yang tepat belum diketahui. Penderita hiperhidrosis bisa memproduksi hingga lima kali lebih banyak keringat dibandingkan jumlah yang diperlukan tubuh.

Beberapa orang mungkin mengalami keringat berlebih pada sekujur tubuh mereka sebagai hasil dari kondisi medis atau jenis obat tertentu. Kondisi ini disebut hiperhidrosis sekunder.

BAGAIMANA CARA MENGATASI KERINGAT BERLEBIHAN?

Terdapat berbagai produk dan perawatan yang bisa membantu mengatasi keringat berlebih, termasuk antiperspirant yang mampu menjaga tubuhmu tetap kering sepanjang hari dan bebas keringat. Produk ini bisa memberikan perubahan besar kalau kamu berkeringat berlebihan.

Beberapa kebiasaan sehari-hari bisa menjadi penyebab keringat berlebih. Perubahan pola hidup berikut ini bisa membantu:

  • Hindari mengonsumsi bahan-bahan pemicu keringat seperti makanan pedas, kafein, dan alkohol.
  • Hindari bahan pakaian sintetis dan kenakan pakaian berpotongan longgar.
  • Kenakan sepatu dan kaus kaki yang terbuat dari bahan-bahan alami—seperti katun, linen, atau serat bambu—yang mampu mencegah kelembapan di kaki.
  • Ganti pakaian secara rutin. Cuci dan keringkan secara tuntas untuk mencegah bau badan dan bercak-bercak keringat.

KENAPA KERINGAT BAU?

Keringat merupakan cairan bening dan tidak berbau. Komposisi keringat terdiri atas air, garam, protein, dan minyak. Penyebab bau keringat, atau lebih tepat disebut bau badan, sebetulnya adalah bakteri dari luar cairan keringat itu sendiri.

Jutaan bakteri tidak berbahaya berdiam di permukaan tubuh kita dan membantu pertahanan alami kulit.
Bakteri-bakteri ini bertahan hidup dan berkembang biak di lingkungan yang lembap dan kaya nutrisi—seperti daerah ketiak kita. Makhluk-makhluk mikroskopis ini memakan keringat kita dan memprosesnya dalam sistem metabolisme mereka sehingga menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan keringat berbau seperti cuka, keju, atau bawang.
Penyebab bau badan tak sedap adalah hasil pembuangan oleh bakteri yang memakan keringatmu.
Proses ini sepenuhnya alami ketika kamu menginjak masa pubertas.

BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN BAU KERINGAT?

Bau ketiak dan bau badan tak sedap tidak merugikan kesehatanmu, tetapi kita semua tahu bahwa hal ini kadang-kadang memalukan. Melakukan beberapa perubahan dalam kebiasaan sehari-hari bisa memperbaiki bau badanmu dan mengatasi bau keringat.

Sumber: google.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s