5 Mitos Seputar Kecantikan Kulit: Benar Atau Salah, Ya?

ketahui-dulu-jenis-kulitmu-dan-lakukan-perawatan-yang-tepat

Sebagai wanita yang ingin selalu tampil cantik, pastinya Anda selalu rajin untuk meng-update informasi seputar kecantikan, bukan? Tapi sayangnya, tak semua informasi tersebut adalah fakta. Sebagian besar ternyata bisa jadi hanya sekadar mitos belaka yang selama ini sudah dipercaya bertahun-tahun.

Nah, apa saja sih mitos dan fakta unik kecantikan yang selama ini banyak beredar? Yuk, intip ulasannya!

Mitos: Tak perlu pakai sunscreen saat cuaca mendung

how-to-pick-the-right-sunscreen-1-size-3

Fakta: Ini adalah anggapan yang tak benar. Dalam cuaca mendung sekalipun, radiasi sinar UV tetap ada. Leslie Bauman, MD, direktur University of Miami Cosmetic Group merekomendasikan Anda untuk menggunakan produk sunscreen khusus dan tidak hanya mengandalkan kosmetik yang mengandung SPF di dalamnya.

Sesuaikan kadar SPF dengan jenis aktivitas Anda. Pilih sunscreen yang mengandung mineral oil seperti Dr.Jart Ctrl A Sensitive Sun Protector SPF 35++. Produk sunscreen khusus ini akan melindungi kulit secara lebih optimal dengan kandungan AC-fensine, Centella Asiatica, dan Celtic Water yang berfungsi sebagai anti peradangan, melembabkan, dan memperkuat sel kulit. teksturnya yang ringan memberikan hasil tampilan yang powdery dan tidak lengket. Selain itu, sunscreen ini juga aman untuk kulit sensitif karena tidak mengandung Paraben, Fragrances, Tar colors, Mineral oils, Benzophenone, Triethanolamine, Sulfate surfactant, Benzyl alcohol, Talc, Poly Acrylamide.

Mitos: Jangan cuci muka setelah olahraga

woman-washing-face-getting-ready-after-a-workout

Fakta: Hal ini memang benar adanya. Saat wajah masih berkeringat maka kondisi pori-pori kulit terbuka. Mencuci muka dengan air, terutama dengan air keran yang mungkin banyak mengandung mineral berat justru dapat menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu, diamkan hingga suhu wajah kembali normal. Dan tentunya, jangan lupa untuk mencuci muka menggunakan pembersih wajah setelah suhu wajah kembali normal karena keringat yang tertinggal juga beresiko menyebabkan masalah yang sama. Selain itu, seorang dermatologist asal New York, Dr. Dennis Gross juga merekomendasikan untuk mencuci wajah sebelum berolahraga sehingga bisa meminimalisir produksi minyak, keringat, maupun kotoran yang dapat menyumbat pori-pori wajah.

Mitos: Tidur telungkup menyebabkan kulit keriput

Fakta: Posisi tidur ternyata memang berperan pada kecantikan kulit, lho. Menurut Dr. Heidi A. Waldorf, MD, seorang dermatologist ternama di kota New York, sering tidur dalam keadaan telungkup akan menyebabkan tekanan pada sejumlah pembuluh darah di wajah.

Kondisi ini akan membuat sirkulasi darah menjadi tak lancar dan dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan kulit jadi keriput. Oleh karena itu, mulailah untuk mengubah gaya tidur Anda dan jangan lupa untuk mengaplikasikan krim malam.

Mitos: Menekuk kaki usai olahraga sebabkan varises

mengobati-tumit-pecah-pecah-secara-alami

Fakta: Well, benarkah demikian? Dr. John Modrall dari University of Arkansas membantah mitos ini. Varises yang berupa lekuk-lekuk berwarna kebiruan pada kulit ini lebih sering terjadi karena adanya faktor genetik atau tekanan kronik pada bagian kaki saat berdiri dan duduk terlalu lama.

Menekuk kaki usai olahraga tidak mengakibatkan tekanan yang cukup besar untuk sampai mengakibatkan kulit mengalami varises.

Mitos: Pasta gigi sembuhkan luka bakar kulit dan jerawat

Cara-Menghilangkan-Jerawat-Dengan-Pasta-Gigi-2

Fakta: Robert Sheridan, MD, seorang ahli bedah dari Divisi Luka Bakar Rumah Sakit Umum Massachusetts membantah bahwa pasta gigi cocok mengobati luka bakar. Pasta gigi tak punya efek apapun selain mendinginkan luka bakar dan justru berpotensi untuk menimbulkan infeksi serius bila Anda tak melakukan tindak pengobatan lebih lanjut.

Begitu pula mitos yang mengabarkan bahwa pasta gigi bisa mengatasi jerawat. Alih-alih menggunakan pasta gigi, sebaiknya gunakan produk khusus jerawat yang mengandung benzoyl peroxide, salicylic acid, atau resorcinol.

Anda bisa mencoba untuk menggunakan AC Clinic Daily Acne Foam Cleanser dari Etude House. Produk ini juga mengandung salicylic acid yang mampu untuk menghilangkan jerawat karena kuman maupun sisa make-up yang masih menempel di wajah.

Nah, kini Anda sudah bisa mengenali mana mitos yang memang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan, bukan?

#Source: Vemale.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s