Mengapa Setelah Mencuci Wajah Kulit Jadi Kering?

1437638935_beauty-tips-for-face-complexion-what-is-double-cleansing-780x330

Setelah menggunakan makeup seharian atau karena lelah dengan rutinitas, mencuci wajah menjadi salah satu ritual yang bisa menyembuhkan. Namun seringkali kulit malah jadi kering.

Ada beberapa hal yang bisa membuat wajah menjadi kering setelah cuci muka. Berikut ini beberapa penyebab dan tips menghadapinya.

Penggunaan Air Hangat

Air hangat memang mampu melunturkan makeup, membuka pori dan membuat wajah lebih rileks. Namun air hangat juga bisa membuat wajah kering karena mengikis kelembaban alami kulit.

Tips mengatasinya adalah dengan menggunakan pelembab, segera setelah Anda mencuci muka. Bisa juga membersihkan wajah dengan air hangat-hangat kuku. Air seperti ini bisa menjaga agar kulit tak terlalu kering.

Sabun Muka

Sabun wajah memberikan efek kering karena tugasnya untuk mengangkat semua kotoran dan minyak. Akibatnya kulit jadi terasa tegang, kaku dan kering. Penggunaan sabun muka setiap hari memang sebenarnya kurang disarankan.

Tips yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan susu pembersih. Bila merasa kurang bersih, bisa dicampur dengan baking soda atau gula. Pembersih alami ini bisa menjadi pembersih harian dan membuat kulit glowy dan kenyal.

Bila kulit berjerawat atau sensitif, cukup gunakan susu pembersih kulit sensitif tanpa scrub apapun. Cuci wajah Anda dengan sabun hanya 2-3 kali seminggu.

Penggunaan Pelembab

Gunakan pelembab segera setelah mencuci muka. Dengan demikian wajah Anda akan lebih kenyal dan elastis. Pilih pelembab ringan agar cepat diserap oleh kulit Anda bila memang kulit Anda jenis berminyak.

Sedangkan bila Anda memiliki kulit kering, gunakan pelembab yang mengandung vitamin E dan moisturizer ekstra. Bila perlu, ulangi pemberian pelembab setelah setengah jam.

Cobalah tips di atas agar wajah kembali berseri segar dan kenyal setelah dibersihkan. Selamat mencoba.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s