Waspada! Ketika Dehidrasi, Ini Yang Akan Terjadi Pada Tubuh

dry_skin_foods

Air adalah kebutuhan utama tubuh. Tanpa air, seseorang tak bisa bertahan hidup dengan baik. Banyak ahli kesehatan mengungkapkan bahwa kebutuhan air di dalam tubuh harus dipenuhi dengan baik dan cukup. Setidaknya, seseorang harus minum 8 gelas air putih sehari. Ketika kebutuhan air tercukupi, hal ini akan memperlancar pembentukan sel tubuh, memperlancar sistem pencernaan, mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh, memperlancar buang air besar hingga membuat tubuh selalu segar dan bugar.

Dikutip dari laman articles.mercola.com, jika kebutuhan air dalam tubuh kurang, hal ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Kandungan air di dalam tubuh manusia yang sehat adalah sebanyak 60%. Jika 15% kandungan air hilang, ini sudah menunjukkan adanya risiko dehidrasi. Dan kalau tubuh sudah mengalami dehidrasi, tubuh pun akan sangat rentan mengalami berbagai masalah. Berikut beberapa masalah yang terjadi pada tubuh ketika tubuh mengalami dehidrasi.

·         Lelah

Masalah pertama yang kerap terjadi ketika tubuh dehidrasi adalah lelah. Karena kekurangan cairan, tubuh pun akan terasa lelah, lemas dan tidak nyaman. Tak hanya lelah, dehidrasi juga berisiko menurunkan sistem kekebalan tubuh hingga membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit.

·         Kulit Kering

Hal selanjutnya yang akan terjadi pada tubuh ketika mengalami dehidrasi adalah kulit kering. Yap, kekurangan cairan dalam tubuh bisa membuat kulit menjadi lebih kering, lebih mudah bersisik bahkan lebih mudah keriput. Jika kamu tak ingin kulit kamu kering dan mudah keriput, pastikan bahwa kamu minum cukup setiap harinya. Pastikan agar cairan dalam tubuh tidak mengalami kekurangan.

·         Nafas Bau

Pernah merasa nafas bau? Bisa saja, hal ini terjadi karena kekurangan cairan atau dehidrasi. Penurunan jumlah air di mulut bisa mempengaruhi nafas. Bukan hanya itu saja, ketika cairan di dalam mulut berkurang, hal ini memungkinkan pertumbuhan bakteri penyebab nafas bau berkembang dengan mudah dan cepat. Jika bakteri ini telah berkembang, nafas pun akan menjadi semakin bau dan kesehatan mulut juga tak akan terjaga dengan baik.

·         Sakit Kepala dan Susah Konsentrasi

Untuk hal keempat yang akan terjadi pada tubuh adalah sakit kepala serta susah konsentrasi. Banyak ahli kesehatan mengungkapkan bahwa kurangnya cairan dalam tubuh akan berpengaruh buruk pada kesehatan kelapa maupun kesehatan otak. Saat tubuh seseorang mengalami dehidrasi, hal ini tidak jarang akan menyebabkan sakit kepala dan menurunnya konsentrasi. Jika kamu ingin tetap fokus dan terbebas dari masalah sakit kepala, pastikan untuk cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh ya?

·         Membuat Kedinginan

Tidak banyak orang menyadari akan hal ini. Tapi jangan salah, dehidrasi bisa menyebabkan seseorang merasa kedinginan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Jadi begini, saat tubuh dehidrasi, aliran darah dalam tubuh terhalang dan tidak terjadi dengan baik. Suhu badan pun tidak terkontrol dengan baik saat mengalami dehidrasi. Inilah yang membuat tubuh lebih mudah merasa dingin dan menggigil.

Itulah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh ketika mengalami dehidrasi. Oh iya, selain hal di atas, hal lain yang juga akan terjadi antaranya adalah mood menjadi lebih buruk, mengalami kram otot, sembelit dan tidak bersemangat sama sekali. So, jika kamu tak ingin hal-hal di atas kamu alami, pastikan untuk mencukupi cairan dalam tubuh setiap hari ya. Pastikan bahwa kamu tidak mengalami dehidrasi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s