Waspada! Ini Tanda Kulitmu Alergi dengan Kosmetik yang Kamu Pakai

young beautiful woman with Makeup Brush

Mahal tidaknya kosmetik bukan selalu jadi jaminan cocok tidaknya produk tersebut dengan kulitmu. Tiap wanita pun punya jenis kulit yang berbeda-beda. Jadi sangat penting  untuk mengetahui jenis kulitmu terlebih dahulu sebelum membeli atau menggunakan produk kosmetik tertentu. Kalau tidak, bisa-bisa kulitmu jadi alergi dengan produk tersebut.

Tapi ngomong-ngomong udah tahu nggak gejala kulit alergi dengan kosmetik itu seperti apa? Sebenarnya reaksi alergi ini bisa diketahui sejak dini, bahkan bisa diketahui langsung beberapa saat saja setelah mengaplikasikan produk kosmetik yang kita pakai.

Biar lebih waspada, yuk kita kenali sejumlah gejala umum kulit yang alergi dengan produk kosmetik yang dipakai. Tujuannya supaya kamu bisa tahu lebih dini dan bisa segera melakukan tindakan ketika gejalanya mulai kamu rasakan.

·         Kulit Kemerahan

Tanda pertama yang biasa muncul saat kulit alergi pada kosmetik adalah kemerahan. Dan bahkan tidak harus menunggu waktu yang lama, karena reaksi ini bisa muncul dalam hitungan menit. Biasanya ketika kamu swatch produk pada kulitmu akan merasa sedikit gatal atau panas, kemudian tanda itu diperkuat dengan kemerahan pada kulit. Nah kalau sudah seperti ini kamu harus mengetahui bahwa ada kandungan pada kosmetik itu yang Anda tidak cocok. Hentikan pemakaian dan jangan diteruskan, ya Ladies.

·         Bagian Kulit Tertentu Jadi Bengkak

Umumnya reaksi ini ditunjukkan saat mengaplikasikan kosmetik di area kelopak mata. Misalnya saja eyeliner, eyeshadow, atau maskara, yang dapat menyebabkan bagian kulit di sekitar mata bengkak. Penting untuk langsung waspada kalau ada area tertentu di kulit jadi bengkak setelah kamu menggunakan produk kecantikan tertentu.

·         Mata Gatal, Kemerahan, atau Berair

Biasanya reaksi ini ditunjukkan saat kamu tidak cocok pada eyeliner atau maskara tertentu. Mata akan terasa gatal, kemerahan, seringkali meneteskan air mata, serta kelopak mata terasa tebal. Di beberapa kondisi, kamu juga menjadi sensitif terhadap sinar lampu sehingga pusing atau sakit kepala akan mengikuti.

Sejumlah Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Alergi dan Kosmetik
Kalau kulitmu menunjukkan gejala alergi, segera hentikan pemakaian produk dan cermati bahan apa yang kemungkinan menyebabkan alergi. Jangan menggosok, menggaruk, memakai scrub atau lulur atau juga masker pada kulit yang mengalami alergi. Wajib hukumnya untuk tak membeli produk abal-abal yang tidak jelas kandungannya karena tanda alergi akan lebih mudah terlihat. Selain itu selalu bersihkan terlebih dahulu kulit wajah saat akan memakai makeup. Penting juga untuk mengganti selalu alat makeup setiap 3-6 bulan dan cuci setiap minggunya agar tetap bersih.

Kalau alergi tak kunjung sembuh, segera hubungi dokter. Umumnya kamu akan diberi obat minum atau krim/salep khusus untuk meredakan gejala alergi. Semoga info ini bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s