Berbagai Vitamin untuk Kulit Cantik

Tahukah Anda bahwa kulit merupakan bagian tubuh yang menjadi tempat keluarnya racun sekaligus merupakan bagian tubuh yang paling rentan terserang penyakit? Karenanya, selain mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya vitamin secara rutin sebagai perawatan kulit dari dalam, Anda juga perlu mengaplikasikan vitamin dari luar yang bisa secara langsung diserap oleh kulit sebagai perawatan dari luar yang membuat kulit berfungsi secara optimal untuk menangkal radikal bebas lingkungan serta membuat kecantikannya terjaga.  Berikut adalah beberapa  vitamin yang dibutuhkan oleh kulit dan rekomendasi produk kecantikan yang kaya akan vitamin tersebut. Yuk, simak!

 Vitamin A

vitamin-a

Sering disebut sebagai vitamin yang dapat mengembalikan kemudaan kulit, vitamin A biasanya hadir dalam kandungan retinol atau retinyl palmitate pada produk kecantikan, baik krim mata maupun pelembab wajah. Retinol dan retinyl palmitate dapat menstimulasi produksi kolagen dan fibroblast yang berfungsi untuk membuat kulit lebih muda.  Anda dapat menggunakan kandungan retinyl palmitate pada umur 20 dan kandungan retinol pada umur 30.

Vitamin B3

vitaminsB3_250x250

Vitamin B3 berfungsi untuk menghidrasi kulit serta mengurangi kemerahan. Pada produk kecantikan, vitamin B3 juga sering disebut niacinamide, kandungan yang dapat meningkatkan produksi ceramide dan menguatkan fungsi lapisan pelindung kulit. Jika lapisan kulit lebih kuat, kelembapan kulit pun jadi lebih terjaga dan kulit terlindungi dari serangan polusi lingkungan. Hasilnya kulit menjadi lebih sehat dan warnanya lebih merata.  Niacinamide biasanya diformulasikan bagi orang yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif.

Vitamin C

12492444_s1_zps656e05a2

Siapa yang tidak kenal manfaat vitamin C? Vitamin ini sangat berfungsi untuk meningkatkan metabolisme sehingga tubuh tidak gampang terserang penyakit. Untuk kulit, vitamin C juga bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih bercahaya, lebih cerah, awet muda, dan halus  karena mengandung antioksidan tinggi yang dapat menghambat radikal bebas. Namun, dalam pengaplikasiannya, hendaklah digunakan pada saat malam hari, karena vitamin C dapat kehilangan efektifitasnya ketika terekspos dengan cahaya.

Vitamin E

Hand holds a box of vitamin E

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E merupakan vitamin yang telah menempati hati para wanita sejak dahulu. Vitamin E terkenal dengan fungsinya yang melembabkan serta memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Vitamin E mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas sehingga menguatkan lapisan kulit. Sifatnya yang memperbaiki tekstur seringkali dimanfaatkan untuk mengurangi pembentukan stretchmarks dan bekas luka.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s