Berkulit Gelap Hindari Perawatan Kulit Ini

hqdefault (1)

Selama ini, perawatan kulit cenderung dibedakan berdasarkan jenis kulit, yaitu kulit kering, berminyak dan kombinasi. Sementara kulit gelap dan kulit terang diklaim tidak membutuhkan perawatan yang berbeda, padahal tidak demikian.

Bisa bayangkan jika Anda berkulit gelap, lalu di bagian wajah selalu memakai kosmetik yang bersifat memutihkan kulit, maka bisa terjadi perubahan warna kulit yang justru membuat kulit Anda nampak tidak merata warnanya. Pada kulit terang, perbedaan warna ini mungkin tidak mencolok, namun pada kulit gelap hal ini akan sangat mengganggu. Untuk itu, berikut ini bahan-bahan yang perlu diwaspadai oleh pemilik warna kulit gelap untuk tiap masalah kulit.

Daily care

Agar kulit gelap Anda tidak semakin nampak hitam, hindari produk-produk kecantikan yang bisa menyebabkan produksi melanin berlebihan. Produk-produk tersebut adalah yang mengandung bahan minyak, minyak esensial, alkohol, wewangian, propylene glycol dan asam alpha-hydroxy berkonsentrasi tinggi.

Kulit kering

Oleh karena harus berhati-hati dengan produk yang mengandung minyak, maka jika kulit Anda kering pilihan terbaik adalah pada produk yang mengandung hylauronic acid. Bahan ini tidak menyebabkan produksi minyak berlebihan sehingga aman untuk kulit gelap Anda.

Kulit berminyak

Jika kulit anda berminyak, pilih produk yang mengandung vitamin C karena selain bisa mencerahkan kulit (bukan memutihkan), vitamin C juga ampuh meningkatkan kolagen dan mengatur produksi minyak tanpa membuat kulit kering. Sementara untuk masker, baik kulit berminyak maupun kering paling baik menggunakan masker lumpur.

Jerawat

Jerawat pada kulit gelap butuh penanganan khusus karena jika salah menangani kulit gelap lebih mudah membentuk bekas luka. Dikutip dari ehow, Dr. Charles E. Crutchfield, pakar dermatologis yang khusus menangani kulit etnik menyarankan untuk menggunakan sebum softener sebelum menghilangkan jerawat, dan juga mengompres dengan es batu pada bekas jerawat agar tidak membengkak.

Treatment yang harus dihindari

Sementara tempat-tempat perawatan kecantikan gencar menawarkan treatment kecantikan, Anda yang berkulit gelap tidak boleh sembarang mencoba. Hindari micro-dermabrasion karena proses pengelupasan kulit ini bisa menyebabkan hypopigmentation di kulit gelap, menyebabkan area putih di antara kulit gelap yang telah kehilangan pigmennya sehingga tidak bisa kembali ke warna aslinya.

Advertisements

2 thoughts on “Berkulit Gelap Hindari Perawatan Kulit Ini

    • Dear Irma..
      Kulit warna sawo matang dan gelap itu berbeda. Sebenarnya memiliki warna kulit apapun sama saja asal kulit tidak kusam 🙂

      Info lebih lanjut hubungi: 022-87787281 atau Pin BB: 5B5A749C

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s