Solusi Mencegah Kulit Berminyak Segala Usia

7 Cara Mengurangi Minyak di Wajah

Tidak perduli Anda tua atau muda, kulit berminyak pasti sangat mengganggu. Meskipun biasanya kulit berminyak merupakan pertanda dari pubertas, namun banyak orang tetap tidak kehilangan produksi minyak berlebih di wajahnya.

Menurut Dr Joel Schlessinger di webmd.boots.com, kulit berminyak bisa jadi merupakan hasil keturunan. Pada dasarnya minyak diproduksi oleh produksi hormon, sehingga apa pun yang mempengaruhi produksi hormon akan mempengaruhi kondisi kulit.

Faktanya bagi wanita, perubahan hormon terjadi bukan hanya saat mereka mengalami pubertas namun juga saat hamil dan menopause. Selain itu, kondisi fisik dan psikis seseorang juga bisa mempengaruhi produksi minyak.

Minyak paling banyak diproduksi oleh daerah wajah, leher dan dada untuk menjaga kesehatan bagian permukaan kulit Anda. Namun, karena terlalu banyak minyak yang diproduksi, bukannya malah terlihat sehat, Anda akan terlihat kotor, lepek, dan lemas.

Karena itucara terbaik untuk mengontrol kulit berlebih adalah dengan menggunakan pembersih yang tepat. Jangan gunakan pembersih yang kasar karena hal tersebut justru akan membuat wajah memproduksi lebih banyak kulit sebagai responnya untuk mengatasi iritasi kulit.

Hindari pula penggunaan sabun karena dapat menghilangkan seluruh minyak alami yang diproduksi kulit. Hal ini justru tidak baik karena kulit membutuhkan minyak pula. Lebih baik gunakan lumpur atau gamping yang lebih aman dan cukup untuk menjaga kadar minyak kulit wajah.

Banyak orang yang memiliki kulit berminyak biasanya menghindari penggunaan pelembab karena mereka merasa kulit mereka akan berminyak lebih parah lagi. Banyak ahli kulit tidak setuju dengan pendapat ini.

Crutchfield, seorang dermatologi berpendapat bahwa pelembab adalah hal yang penting bagi kulit, semakin kulit Anda tua, maka semakin dia membutuhkan pelembab. Cobalah untuk menambahkan krim Asam Hidroksi Alfa pada krim perawatan Anda agar produksi kolagen dan asam hyaluronik Anda bertambah.

Dengan begitu, kelembapan kulit akan terjaga dan keriput di wajah pun juga akan berkurang. Selain itu, gunakan pula toner beberapa kali dalam sehari. Penggunaan RH1 dalam toner mampu menyerap minyak berlebih meskipun hanya sementara.

Produk kosmetik yang biasanya menggunakan kata “anti-mengkilap” biasanya juga dapat membantu untuk memberikan perlindungan terhadap kulit dari make-up. Produk ini juga berfungsi untuk menyerap minyak berlebih.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s