Apakah Hormon Satu-Satunya Penyebab Jerawat

Kenali-Sejak-Dini-Jerawat-Karena-Gangguan-Hormon

Sering kesal karena jerawat datang tak diundang? Si kecil yang bikin gemas ini selalu membuat semua orang uring-uringan dan bad moodketika dia datang, terutama para wanita. Kita sudah akrab dengannya, segala cara dilakukan agar dia tidak datang, mulai dari teratur membersihkan wajah hingga memakai krim khusus, tetapi masih saja si jerawat ini bandel.

Sering tidak Anda memerhatikan bahwa mereka yang memiliki kulit yang mulus sekalipun tetap sering didatangi teror jerawat? Setidaknya sekali sebulan di sekitar masa menstruasi. Menurut Ranella Hirsch, MD, seorang dermatologdi Cambridge, Massachusetts, jerawat bisa datang karena perubahan hormon, misalnya pada masa kehamilan dan menstruasi.

Tak hanya hormon pada masa tersebut, kelebihan berat badan dapat membuat seseorang kelebihan hormon testosteron yang dapat menimbulkan masalah jerawat. Stres yang terjadi juga meningkatkan hormon kortisol yang dapat meningkatkan kadar minyak pada wajah. Selain hormon, penyebab utama jerawat adalah genetika, mencuci wajah terlalu sering dan produk kosmetik yang tidak cocok.

Cara Mencegah Kehadiran Jerawat:

– Jika jerawat sering datang karena masa menstruasi, Anda bisa mempersiapkan beberapa hari sebelum tanggal menstruasi untuk melakukan ‘pertahanan’. Dennis Gross, MD,dermatolog di New York City menyarankan agar Anda menggunakan produk pengempes jerawat dengan kandungan salicylic acid atau benzoyl peroxide. Jika ada tanda jerawat akan muncul, oleskan saja, dan jerawat tidak akan membesar.

– Saat jerawat datang di luar jadwal menstruasi, Anda harus mulai menenangkan diri dan jauh dari stres. Jangan lupa untuk memerhatikan berat badan , jika berat badan Anda masuk dalam kategori kelebihan berat badan atau obesitas, ada baiknya Anda melakukan upaya penurunan berat badan.

– Jika Anda merasa jerawat yang datang tak dapat diatasi dan semakin parah, segera kunjungi dokter kulit dan jangan sembarangan memberi produk kosmetik pada kulit yang sedang berjerawat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s