Makeup Wajah: Tunggu 12 Jam Setelah Facial

Trik-Agar-Makeup-Awet-Meski-Kulit-Wajah-Kita-Berminyak-alodokter

 

Facial adalah salah satu bentuk perawatan kulit yang sudah sering dilakukan para wanita dan pria. Tidak hanya di salon dan klinik kecantikan, facial dapat dilakukan di rumah. Kulit wajah yang telah mengalami facial akan lebih segar, rileks, bersih dari kotoran dan sisa kulit mati, sekaligus memberi nutrisi ekstra dari luar sehingga kulit bisa bernapas dengan lega.

Sebelum melakukan facial, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, misalnya saja kondisi kulit pada saat itu, apakah sedang menstruasi, pemilihan klinik dan lain sebagainya. Tidak hanya pertimbangan sebelum melakukan facial yang wajib Anda lakukan, beberapa hal setelah facial juga harus Anda pertimbangkan. Salah satunya, tidak terburu-buru membubuhkan makeup wajah setelah kulit menjalani ritual facial.

Biarkan Kulit Dalam Kondisi Kemerahan

Seringkali, setelah rangkaian facial, kulit wajah menjadi tampak kemerahan dan tampak berlubang pada pori-pori bekas jerawat dan komedo, kadang pori-pori tampak lebih besar. Hal tersebut wajar, karena proses penguapan pada wajah untuk mengangkat jerawat dan komedo yang telah mengakar pada pori-pori wajah. Hal ini menyebabkan iritasi ringan pada kulit yaitu timbulnya bercak merah dan pori-pori membesar.

Pada saat kulit sedang dalam kondisi tersebut, kulit sedang dalam ‘terbuka’ dan belum siap menerima sapuan kosmetik dan segala bentuk riasan wajah. Anda tidak perlu menutupi ruam merah tersebut dengan makeup atau membubuhkan foundation tebal agar pori-pori tidak tampak besar. Menambahkan makeup langsung setelah facial akan membuat pori-pori yang sedang terbuka langsung tersumbat.

Biarkan Kulit Menyerap Nutrisi dari Facial

Kulit yang telah mengalami pengangkatan kotoran akan diberi pijatan dan masker sebagai pasokan nutrisi dan relaksasi. Pemberian nutrisi tersebut akan membuat kulit wajah segar, cerah dan meningkatkan sirkulasi darah. Setelah facial selesai dilakukan, kulit membutuhkan waktu beberapa jam untuk menyerap nutrisi sepenuhnya dan merespon apa yang telah terjadi pada kulit setelah facial.

Jika Anda terlalu cepat membubuhkan makeup, kulit Anda tidak bisa lagi menyerap nutrisi yang dibutuhkan kulit. Karena itu, tunggu hingga 12 jam sebelum Anda membubuhkan makeup dan bahan kosmetik apapun agar hasil dari facial yang telah Anda lakukan mencapai hasil maksimal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s