Cara Menghilangkan Kantung Mata

Cara Menghilangkan Mata Panda

Apakah Anda mengalami kantung mata atau lingkaran gelap di sekitar mata Anda? Kedua hal ini merupakan efek alami penuaan, tetapi juga dapat disebabkan kekurangan tidur, alergi, dan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang menyebabkan lokalisasi air. Kantung mata merupakan salah satu masalah kosmetis yang dapat membuat orang terlihat lelah atau tidak bersemangat. Pelajari cara meminimalisir tampilan kantung mata dengan metode-metode cepat, strategi-strategi jangka panjang dan solusi kosmetis permanen.

Metode 1 dari 3: Solusi Cepat

1. Minum air yang banyak

Kantung mata biasa disebabkan oleh lokalisasi air karena tingginya konsentrasi garam pada area tersebut. Anda bisa terbangun dengan kantung mata setelah sesi makan malam yang penuh makanan asin atau menangis; apapun penyebabnya, baik makanan atau air mata, garam dapat menarik air ke wajah Anda dan menyebabkan air ini berkumpul di bawah mata Anda.

  • Buang garam yang berlebih dari tubuh Anda dengan minum air. Hindari makanan asin.
  • Hindari minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi, seperti kopi dan alkohol.

2. Kompres mata Anda dengan sesuatu yang dingin

Menghilangkan-Kantung-Mata-Panda

Anda mungkin pernah mendengar bahwa menempatkan mentimun dapat membantu menghilangkan kantung mata, tetapi sesungguhnya yang penting di sini adalah temperatur yang menyejukkan pada area kantung mata Anda. Kebetulan mentimun merupakan alat yang pas, mentimun memiliki bentuk, ukuran, dan tekstur yang sempurna untuk mengatasi kantung mata, jadi siapkan irisan kecil – pastikan bahwa Anda telah mendinginkannya di dalam kulkas.

  • Jika Anda tidak mempunyai mentimun, basahi beberapa teh celup dan dinginkan di dalam freezer atau kulkas sebelum Anda meletakkannya di mata Anda. Gunakan teh yang melegakan, seperti teh bunga kamomil atau peppermint, jadi Anda juga mendapatkan efek aromaterapi pada saat yang bersamaan.

3.Gunakan penutup.

Blog_6-Trik-Menggunakan-Concealer-Untuk-Hasil-Make-Up-yang-Sempurna_825x355px

Maksudnya di sini adalah make-up. Penggunaan make-up merupakan solusi paling efektif dan cepat untuk menutupi kantung mata dan lingkaran hitam. Penggunaan make-up yang tepat dapat mengurangi tampilan kantung mata dan membuat Anda terlihat segar sepanjang hari. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Gunakan bahan penutup (concealer) yang sewarna dengan kulit Anda. Jika kantung mata Anda gelap, pilihlah warna dengan satu tingkatan yang lebih terang. Gunakan concealer dengan jari atau bola kapas. Gunakan dengan menyentuhkannya secara perlahan ke kulit Anda, jangan gosokkan concealer ini. Make-up yang Anda aplikasikan akan lebih efektif jika make-up ini bertahan di permukaan kulit Anda.
  • Lanjutkan dengan menggunakan bedak untuk menjaga make-up tetap bertahan sepanjang hari. Gunakan bedak matte (yang tidak berkilau) dan sikat blush on untuk mengoleskan bedak di bawah mata Anda.

4. Gunakan teh celup.

bekas-teh-e1434684343609

Kandungan tanin di dalam teh celup terkadang bisa memperkecil kantung mata.

  • Didihkan air dan masukkan dua teh celup ke dalamnya.
  • Gerak-gerakkan teh ke atas dan ke bawah sampai terserap secara menyeluruh.
  • Keluarkan teh dan dinginkan teh di atas sebuah piring. Anda bisa menutupi wajah, hidung, dan mata Anda dengan handuk kertas jika Anda menginginkannya.
  • Berbaringlah di manapun Anda merasa nyaman. Letakkan satu kantung teh celup yang sudah dipakai di atas setiap mata Anda. Biarkan tubuh Anda rileks selama beberapa menit.
  • Setelahnya, buang kantung teh. Semoga cara ini dapat membantu agar kantung mata Anda tidak terlihat sebengkak awalnya saat Anda berkaca.

Metode 2 dari 3: Strategi Jangka Panjang

1. Obati alergi Anda.

Seringkali kantung mata merupakan reaksi alergi yang menyebabkan inflamasi pada wajah. Karena kulit di sekitar mata Anda lebih tipis daripada kulit di bagian lain tubuh Anda, cairan akan terkumpul pada area tersebut dan membuat kulitnya membengkak.

  • Gunakan obat-obatan alergi untuk serbuk bunga dan jenis-jenis alergi musiman lainnya. Belilah obat bebas atau minta resep dari dokter Anda.
  • Jauhi sumber-sumber alergi, seperti bunga, debu, atau hewan. Pastikan rumah Anda selalu bersih dan cucilah kain-kain yang ada secara berkala.

2.Ubah posisi tidur Anda.

ilustrasi-tidur-terlentang

Orang yang tidur tengkurap atau miring memiliki resiko yang lebih besar untuk mengalami kantung mata, karena kedua posisi ini membuat cairan dapat terkumpul di bawah mata pada malam hari. Orang yang suka tidur miring mungkin juga menyadari bahwa kantung mata pada sisi di mana mereka tidur biasanya lebih besar daripada kantung mata pada sisi satunya.

  • Cobalah untuk lebih sering tidur telentang. Anda mungkin akan kesulitan mengubah kebiasaan tidur Anda pada awalnya. Coba tambahkan bantal pada kedua sisi tubuh Anda sehingga Anda lebih mudah tidur telentang.
  • Gunakan bantal kedua di bawah kepala Anda jika Anda terbiasa tidur telentang. Dengan terganjalnya kepala Anda dalam posisi sedikit menunduk, cairan tidak akan terkumpul di bawah mata Anda pada malam hari.

3. Rawat wajah Anda dengan berhati-hati.

skin-660x400

Kulit wajah, terutama kulit pada area di bawah mata, tipis, rapuh, mudah rusak dan menjadi lemah. Hal ini dapat menyebabkan kantung mata yang lebih besar. Gunakan cara-cara di bawah ini untuk merawat kulit di bawah mata Anda dengan lebih berhati-hati:

  • Jangan tidur dengan mengenakan makeup. Elemen kimiawi pada makeup dapat mengiritasi mata di malam hari. Cuci muka Anda sebelum tidur, hal ini penting untuk merawat kebersihan muka.
  • Cuci dan keringkan muka Anda dengan lembut. Menggunakan lulur untuk muka dan mengelapnya dengan handuk dapat memperlemah partikel kulit di sekitar mata Anda. Gunakan remover makeup mata untuk menghapus makeup dengan lembut, lalu bilas wajah Anda dengan air beberapa kali dan tepuk-tepukkan handuk yang lembut untuk mengeringkannya.
  • Perlembab wajah Anda setiap malam. Pastikan wajah Anda, terutama pada area di sekitar mata, memperoleh kelembaban yang cukup untuk menolong agar kulit Anda tetap elastis dan kuat. Gunakan losion pelembab atau minyak setiap malam sebelum Anda tidur.
  • Gunakan tabir surya setiap hari. Sinar matahari dapat mempertipis kulit di sekitar mata Anda sehingga kulit ini menjadi lebih rapuh. Pastikan Anda melindungi kulit Anda setiap hari, bahkan di musim salju sekalipun.

4. Ubah pola diet Anda.

Makan malam yang agak asin dengan beberapa gelas cocktail memang tidak berakibat buruk jika Anda lakukan sesekali, tetapi jika hal ini merupakan kebiasaan harian Anda (memakan makanan asin dan minum alkohol), akan ada efek permanen yang ditimbulkan bagi kantung mata Anda. Lokalisasi air pada area wajah selama bertahun-tahun dapat menyebabkan kantung mata Anda menjadi besar selamanya. Untuk mencegah hal ini, Anda dapat:

  • Mengurangi kandungan garam pada masakan sehari-hari. Kurangi hingga setengah atau bahkan seluruhnya – Anda akan terkejut bahwa makanan tetap bisa terasa enak tanpa tambahan garam. Kurangi garam yang Anda gunakan saat memasak dan hindari garam sepenuhnya saat makan malam, karena tubuh Anda tidak akan memiliki waktu untuk menyeimbangkan asupannya sebelum Anda tidur.
  • Kurangi konsumsi minuman beralkohol. Alkohol dapat menyebabkan lokalisasi air, jadi semakin sedikit Anda meminumnya, semakin kecil kantung mata Anda di pagi hari. Minumlah air dalam jumlah yang sama pada malam-malam di mana Anda meminum alkohol. Cobalah untuk berhenti meminum alkohol di awal malam hari daripada di saat sebelum Anda tidur.

Metode 3 dari 3: Solusi-solusi Kosmetis

1. Melalui suntikan filler.

mesotherapy

Kantung atau lingkaran mata yang dihasilkan oleh penuaan tidak akan terpengaruh oleh perubahan gaya hidup, tetapi Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan filler hyaluronic filler untuk meningkatkan tampilan area di bawah mata. Filler ini disuntikkan di bawah mata untuk menghasilkan tampilan kontur soket mata yang lebih awet muda.

  • Prosedur ini bisa berbahaya jika tidak dilakukan oleh seorang profesional. Lakukan riset sebelum memutuskan untuk menggunakan cara ini.
  • Filler biasanya menghabiskan beberapa juta rupiah, dan dapat menghasilkan efek samping yang negatif seperti timbulnya memar dan pembengkakan

2. Melalui operasi.

Seiring bertambahnya usia seseorang, lemak akan bergerak turun dari bola mata dan terkumpul pada area bawah mata, sehingga hal ini menyebabkan terciptanya kantung mata. Blepharoplasty merupakan proses pembuangan atau perubahan posisi lemak yang sudah terkumpul, dan ditindaklanjuti dengan perawatan laser untuk memperkencang kulit pada area tersebut.[7]

  • Prosedur blepharoplasty biasanya menghabiskan sekitar 20 hingga 50 juta rupiah.[8]
  • Periode penyembuhan bisa membutuhkan beberapa minggu.

 

Tips

  • Masukkan 2 buah sendok (jangan gunakan sendok plastik) ke dalam freezer selama sekitar 15 menit. Keluarkan dan letakkan keduanya di atas mata Anda, dengan bagian sendoknya menghadap ke bawah. Tutup mata segera setelah sendok diletakkan. Biarkan sampai sendok kembali hangat.
  • Tidurlah lebih lama. Berhentilah menonton acara-acara larut malam atau bermain di iPad Anda. Setelah seminggu melakukan hal ini, Anda akan melihat suatu perbedaan yang nyata.
  • Hindari minum banyak air sebelum Anda tidur, karena cairan yang ada akan terkumpul pada bagian bawah mata ketika Anda tidur.
  • Bekukan es balok. Lalu letakkan di atas mata dengan menggunakan handuk yang tipis.
  • Bernapaslah dalam-dalam. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan kantung mata yang gelap.

Peringatan

  • Jika kantung mata atau lingkaran hitam muncul tanpa alasan yang jelas, Anda mungkin mengalami kondisi medis tertentu. Berkonsultasilah dengan dokter Anda jika Anda sudah merubah kebiasaan Anda, tetapi tidak berhasil meningkatkan kondisi Anda.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s