Cara Mengatasi Mata Sembab

4-cara-samarkan-wajah-sayu-habis-menangis-50a7

Apakah Anda terbangun setiap pagi dengan mata yang sembab? Jika Anda sudah tidak mau lagi terlihat seperti mengantuk, atau sakit, ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki penampilan mata Anda. Baca panduan berikut ini untuk mengetahui trik cepat, cara mengatasi mata sembab jangka panjang, serta beberapa solusi permanen juga.

Metode 1 dari 3: Trik cepat

1. Minumlah beberapa gelas air. Mata akan tampak sembab akibat menahan air, yang disebabkan oleh adanya garam dalam konsentrasi tinggi di sekitar mata. Jika Anda makan malam dengan makanan yang asin atau menangis sebelum tidur, mungkin mata Anda akan semakin sembab di pagi hari, Minum beberapa gelas air akan membantu mengeluarkan garam dari daerah mata sehingga sembab berkurang.

  • Pada hari-hari saat mata Anda lebih sembab dari biasanya, teruslah minum air sepanjang hari untuk mengganti cairan tubuh Anda.
  • Hindari bahan yang bisa menyebabkan dehidrasi, seperti kafein dan alkohol.

2.Oleskan bahan yang dingin ke mata Anda. Mata yang sembab berisi timbunan cairan di dalam jaringan sekitar mata Anda, dan seperti bentuk bengkak lainnya, mata sembab juga bisa diredakan dengan semacam kompres dingin. Dinginkan potongan mentimun yang seukuran dengan mata Anda, dan biarkan potongan mentimun dingin ini meredakan sembab mata Anda untuk sementara. Berbaringlah dan letakkan potongan mentimun dingin pada mata Anda yang tertutup selama 15 menit, hingga potongan mentimun menjadi hangat.

  • Jika Anda tidak memiliki mentimun di rumah, basahi kantung teh dan letakkan dalam freezer selama 15 menit, kemudian berbaringlah dan letakkan pada mata Anda selama 15 menit.
  • Cara lainnya yang lebih mudah, coba letakkan 2 sendok logam ke dalam lemari pendingin dan gunakan setiap hari dengan menekan bagian belakangnya pada mata Anda.

3.Oleskan bahan astringen ke mata Anda. Anda bisa memperoleh krim dan tonik astringent yang dapat membantu meredakan mata sembab dengan mengencangkan kulit di sekitar mata Anda. Rendam dua bola kapas di dalam krim atau tonik astringent, kemudian letakkan di atas mata Anda. Biarkan astringen meresap selama 10 menit, kemudian angkat bola kapas dan bilas wajah Anda.

  • Irisan strawberi juga dikenal mampu mengencangkan dan menghaluskan kulit.

4.Letakkan kentang di atas mata yang sembab. Kentang diketahui memiliki sifat astringent alami.

  • Kupas kentang mentah. Potong jadi dua. Letakkan di atas mata Anda selama 10 menit. Kentang akan mendinginkan dan meredakan bengkak pada mata.
  • Coba parutan kentang. Parut kentang segar dan oleskan ke mata Anda selama 15 menit, kemudian bilas.

5.Berolahragalah. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga akan membantu pengeluaran dan mengurangi penumpukan cairan dari tubuh Anda. Jika Anda memiliki waktu, lari, yoga, atau cukup berjalan cepat.

Metode 2 dari 3: Strategi Jangka Panjang

1.Pastikan Anda mendapat cukup tidur. Jika mata Anda sembab sepanjang hari, mungkin saja karena Anda tidak cukup tidur, atau kualitas tidur Anda buruk. Sembab pada bagian bawah mata adalah gejala umum kurang tidur. Berusahalah agar waktu tidur Anda 7 – 8 jam setiap malam.

2.Angkat kepala Anda saat tidur. Tidak jarang Anda terbangun dengan mata yang sembab, yang mungkin disebabkan karena Anda berbaring selama beberapa jam dalam posisi horizontal. Saat Anda berdiri, cairan yang terdapat dalam mata Anda tiba-tiba tertarik ke bawah oleh gravitasi. Untuk menguranginya, Anda bisa gunakan bantal tambahan saat tidur sehingga cairan mata Anda tidak tertarik secara drastis saat Anda bangun. [3]

  • Jika Anda tidur tengkurap, cobalah untuk tidur terlentang. Orang yang tidur tengkurap biasanya memiliki mata yang sangat sembab, karena posisi ini menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata.
  • Jika Anda tidur menyamping, salah satu mata Anda mungkin akan lebih sembab daripada yang lain. Cobalah untuk mengganti sisi tubuh Anda, atau tidurlah terlengtang.

3.Rawat wajah Anda. Kulit di sekitar mata adalah kulit yang sangat peka, dan dapat meregang dan rusak akibat perawatan yang kasar serta paparan terhadap zat kimia. Untuk mencegah kulit di sekitar mata mengendur dan terisi cairan, ubah cara merawat wajah Anda menjadi lebih lembut.

  • Jangan gunakan bahan kimia keras untuk mencuci wajah Anda. Gunakan pembersih yang ringan dan lembut.
  • Jangan langsung menghapus makeup dari mata Anda. Gunakan makeup remover sehingga akan lebih mudah bersih.
  • Jangan mengusah mata Anda dengan handuk. Cukup percikkan air dan tepuk-tepuk hingga kering.
  • Gunkanan pelembab di kelopak dan sekitar mata Anda.

4.Obati alergi Anda. Mata sembab seringkali disebabkan oleh alergi, yang membuat wajah mengalami radang dan timbunan air di dalamnya. Anda mungkin akan melihat perbedaan yang jelas jika Anda mengobati alergi musiman alergi dengan obat alergi yang bagus.

  • Coba obat alergi yang dijual bebas atau periksakan diri Anda ke dokter.
  • Pastikan bahwa rumah Anda bebas debu, binatang, dan bahan penyebab alergi lainnya. Ganti filter di pendingin ruangan Anda, dan ganti sprei Anda secara teratur. # Ganti diet Anda menjadi lebih sehat. Apakah Anda sering makan makanan asin untuk makan malam? Hal ini adalah penyebab mata sembab yang umum, karena garam menyebabkan air tertahan di wajah Anda. Jika Anda pergi tidur setiap malam dengan banyak garam dalam tubuh Anda, hal ini dapat menyebabkan kulit wajah Anda mengendur dan terisi cairan. Mulailah kebiasaan baru untuk mengurangi kemungkinan timbulnya masalah ini:
  • Kurangi garam dalam masakan Anda. Kurangi hingga setengahnya, dan kurangi lagi jika Anda bisa.
  • Jangan makan di luar sesering biasanya. Anda tidak bisa mengontrol seberapa banyak garam yang ditambahkan di restoran, dan biasanya jumlahnya lebih banyak dari yang Anda bayangkan.
  • Hindari makanan yang asin seperti keripik kentang, kacang, sup kalengan, makanan kering, dan makanan lain yang mengandung banyak natrium.
  • Ganti cemilan Anda dengan pisang dan raisin, karena keduanya dapat mengurangi timbunan cairan. [4]
  • Minum jus kol atau cranberi. Keduanya merupakan diuretik, sehingga membantu Anda mengeluarkan kelebihan cairan. [4] Jangan justru minum kafein sebagai diuretik pilihan Anda, karena kafein bisa mengganggu tidur Anda dan membuat mata Anda sembab.

5.Kurangi minum alkohol.Alkohol bisa menyebabkan timbunan cairan di wajah, juga dehidrasi. Batasi konsumsi alkohol Anda. Minum alkohol lebih banyak akan menyebabkan kulit di sekitar mata Anda mengendur.

6.Cari tahu jika Anda memiliki kondisi yang menyebabkan mata sembab.Kadang, mata sembab adalah efek samping dari kondisi lain. Memperoleh perawatan untuk kondisi ini mungkin membantu meredakan mata sembab Anda. Berikut ini adalah beberaapa kondisi yang secara umum dapat menyebabkan mata sembab:

  • Kehamilan
  • Variasi hormonal selama siklus menstruasi
  • Dermatitis (kulit yang sensitif lebih mudah bengkak akibat bahan yang mengiritasi) #*Alergi[5]
  • Mononucleosis (mata sembab mungkin merupakan gejala awal infeksi)
  • Obat (mata sembab atau timbunan air mungkin merupakan efek samping)
  • Kondisi medis lain yang lebih serius

Metode 3 dari 3: Pertimbangkan Solusi Permanen

1.Terima diri Anda apa adanya. Jika ada memeriksakan diri ke dokter, dan mata sembab Anda mungkin adalah masalah kosmetik. Mata sembab timbul seiring usia, dan kadang terjadi begitu saja. Belajarlah untuk menarik perhatian ke bagian tubuh lain yang belum menua, seperti warna mata Anda, atau rambut Anda, atau cara Anda memandang hidup.

2.Lakukan operasi blepharoplast. Sebagai usaha terakhir, operasi ini akan menghilangkan timbunan lemak di sekitar mata dan diikuti dengan perawatan laser pada mata. Hasilnya secara keseluruhan adalah mata yang tampak lebih kencang dan secara permanen mengatasi mata sembab. Operasi ini biasanya membutuhkan biaya puluhan juta rupiah dengan masa pemulihan paling tidak beberapa minggu.

 

Tips

  • Minum banyak air putih sebelum dan setelah bangun tidur.
  • Pijat bagian sekitar mata Anda untuk melancarkan cairan di sekitarnya.
  • Gunakan tisue wajah kering yang direndam air dan diletakkan dalam freezer. Setelah 20 menit, letakkan di bawah mata.
  • Cara ini juga merupakan cara sederhana untuk mengatasi mata sembab. Untuk melakukannya, ambil segelas air hangat dan tambahkan setengah sendok makan garam, campurkan. Pastikan bahwa air tidak terlalu panas. Lalu celupkan bola kapas atau penutup mata dari wool dalam air garam hangat ini kemudian letakkan di kelopak mata Anda selama beberapa menit. Ulangi proses ini selama setengah jam. Setelah beberapa waktu, mata Anda tidak akan sembab lagi.

 

Peringatan

  • Berhati-hatilah saat menggunakan produk kosmetik atau mencoba perawatan rumahan baru. Jika kondisi mata Anda bertambah buruk, atau Anda mengalami gejala lain, hentikan perawatan itu, dan hubungi segera dokter atau dokter kulit Anda jika gejala yang timbul semakin parah dan tidak segera mereda.
  • Jangan letakkan es atau air yang terlalu dingin langsung ke kulit di sekitar mata selama lebih dari beberapa detik.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s