Jerawat Selalu Datang, Kapan Hilangnya??

Masa pubertas merupakan masa dimana seseorang mengalami perubahan fisik, psikis dan perubahan fungsi seksual. Hormon-hormon yang dihasilkan saat masa pubertas dapat memancing jerawat tumbuh karena hormon libido yang meningkat menyebabkan sekresi pada kelenjar minyak dan lemak kulit wajah.

Pada masa pubertas, kelenjar sebasea  memang lebih aktif dan bisa menghasilkan minyak yang berlebihan juga. Minyak yang biasanya sering mengering, mengelupas, dan mengundang masuknya bakteri di pori kulit dan akhinrya membentuk komedo. Komedo inilah yang menyebabkan tersumbatnya aliran minyak dari selubung akar rambut atau folikel ke pori.

Bakteri yang tumbuh di dalam pori bisa menyebabkan penyumbatan dan kemudian menguraikan beberapa lemak pada akhirnya bisa menimbulkan masalah iritasi kulit. Jerawat merupakan bintil hitam dan juga bintil putih yang mengalami iritasi.

Umumnya, jerawat sering menimpa orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Kulit berminyak ditandai dengan penampilan yang mengilat dan kusam. Jika keadaan semacam ini berlangsung selama bertahun-tahun, pori di kulit wajah anda dapat tertutup oleh minyak yang  berlebihan dan bisa menimbulkan masalah jerawat.

Jerawat di bagi 2 jenis yaitu jerawat meradang dan non meradang, Pada jerawat yang meradang, folikel tersumbat oleh sebum dan bakteri yang berproliferasi di kanal yang disebut propionibacterium acnes. Akhirnya, folikel mengalami ruptur dan sebum serta bakteri keluar ke dermis dan menyebabkan peradangan jaringan dermis sedangkan pada jerawat non radang, folikel tidak pecah tetapi berdilatasi. Sebum mengalir ke permukaan kulit (blackhead, komedo terbuka) atau kanalis tetap tersumbat (whitehead, komedo tertutup)

Saat ini jerawat merupakan masalah umum yang sering terjadi pada remaja maupun dewasa dan mengeluh mengapa jerawat selalu hadir di setiap waktu tertentu? Sebenarnya jerawat bisa di hindari dengan pola hidup yang sehat. Factor pendukung dari jerawat selain dari faktor hormonal, faktor asupan makanan bisa menentukan timbulnya jerawat. Selain itu jerawat jangan sekalipun di pencet bukan menyelesaikan masalah jerawat malah membuat masalah baru yaitu scar bekas jerawat.

Cara untuk menghindari jerawat antara lain:

  • Cuci muka rutin 2 x sehari dengan menggunakan produk yang di khususkan untuk kulit berminyak ataupun berjerawat
  • Minum banyak air putih & Makan sayur dan buah
  • Olahraga secara teratur
  • Hindari rokok dan alcohol
  • Jangan menggunakan makeup terlalu sering

Cara untuk menghilangkan jerawat antara lain:

  • Melakukan konsultasi dan perawatan dengan dokter di klinik kecantikan
  • Melakukan Perawatan alami untuk jerawat

 

Setelah membaca ulasan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa meskipun masalah jerawat dan wajah berminyak bisa di atasi sendiri namun jangan sampai menyepelekan jerawat sekecil apapun karena bila kita lalai, jerawat bisa menimbulkan bekas yang akan bertahan lama. Untuk penyembuhan jerawat secara optimal, sebaiknya lakukan pembersihan khusus sesuai jenis kulitmu dengan facial dan selanjutnya perawatan jerawat di klinik kecantikan yang mempunyai dokter yang terlatih dan berpengalaman.

 

Untuk info lebih lanjut hubungi Rafa Clinic Jl. Raden Rangga Kencana No. 72 Komplek Mekarwangi Bandung, Telp:  022-87787281, Pin BB:  29C87675

Stay health, Stay Beauty1428597458_acne-salicylic-acid-bb-cream-how-to-hide-acne-scars780x330

Advertisements

2 thoughts on “Jerawat Selalu Datang, Kapan Hilangnya??

    • Dear Yuli
      Untuk facial di Rafa mulai dari 150 rb. Biaya konsul ke dr.Trifena 80rb dan untuk ke dr.Yogie, dr.Yoanita dan dr.Maria 40rb. Untuk biaya obat tergantung dari hasil dari resep dokter 🙂
      Untuk info lebih lanjut hubungi: 022-87787281 atau Pin BB: 29C87675

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s