KONSUMSI KARBOHIDRAT BERLEBIH MENYEBABKAN TIMBULNYA JERAWAT

Ketika tubuh memproduksi banyak insulin akibat konsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebih (makanan dengan kandungan tepung, gula, nasi putih dll), maka hal yang kompleks terjadi dengan hormon, termasuk hormon-hormon yang berdampak pada pori-pori kita. Hormon inilah yang merupakan androgen (yang menyerupai testosteron)

Image

dan “insulin-like growth factor” yang menyebabkan lebih banyak komedo dan mensekresi lebih banyak minyak, penyebab kulit menjadi lebih berminyak dan penyebab timbulnya jerawat.( Cynthia Bailey MD, Acne, Diet, Nutrition, & Natural Health, July 2010)

Para ahli ilmuwan di bidang kesehatan menemukan fakta mereka yang mengkonsumsi karbohidrat dalam porsi lebih cenderung memicu tumbuhnya jerawat di beberapa kondisi kulit tertentu.

Berbagai jenis makanan saat ini yang cenderung melalui proses pengolahan tinggi dan cenderung instant seperti cookies, keripik, roti tawar, cracker, sereal, donat, permen, pasta, pizza dan masih banyak lagi, cukup andil dalam perannya menumbuhkan jerawat pada kulit.

Karbohidrat non-kompleks yang memiliki indeks glikemik (GI) yang tinggi, dan inilah yang menyebabkan jerawat muncul.

“Indeks Glikemik meningkatkan kemampuan makanan untuk secara cepat meningkat dalam gula darah, yang memberikan sinyal pada tubuh anda untuk menghasilkan insulin.”

Makanan dengan karbohidrat non-kompleks memiliki indeks glikemik tinggi dibanding dengan makanan dengan jumlah karbohidrat kompleks yang sama dengan karbohidrat non-kompleks, karena indeks glikemik pada makanan karbohidrat kompleks cenderung rendah.

Makanan dengan karbohidrat non-kompleks meningkatkan gula darah lebih cepat (karena lebih cenderung dikunyah lebih cepat), sebagai contohnya, roti tawar putih biasa akan meningkatkan gula darah lebih cepat dibanding dengan roti gandum, hal ini sama terjadi dengan antara nasi putih dan nasi merah, selain itu, jus buah-buahan juga meningkatkan gula darah anda dibanding dengan potongan buah-buahan.

Remaja pada saat ini, dan begitu juga orang dewasa, cenderung mengkonsumsi karbohidrat non-kompleks yang menyebabkan sebagian besar diantara mereka menderita jerawat.

Solusinya adalah, makan-makanan dengan indeks Glikemik rendah, seperti :

  1. Konsumsi nasi merah daripada nasi putih
  2. Menggunakan pemanis yang berasal dari madu
  3. Konsumsi buah-buahan utuh, daripada mengkonsumsi jus buah kalengan/ botol
  4. Minum cukup air putih
  5. Selalu menambahkan sayur-sayuran di setiap menu makanan
  6. Cukup konsumsi akan protein yang baik seperti: ikan, daging sapi tanpa lemak, tofu, telur dan susu, tempe, yang tentunya diolah dengan baik.

Kulit adalah salah satu aset agar kualitas penampilan seseorang tampak menarik dan lebih awet muda, hindari masalah kulit dengan tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja, kenali apa yang patut dikonsumsi atau tidak untuk kulit anda! Salam cantik dan sehat selalu..^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s