Kehitaman di Seputar Daerah V

KOMPAS.com Saya ingin melangsungkan pernikahan sebentar lagi. Tetapi, saya mempunyai masalah di seputar daerah V. Kenapa ya, kulit di daerah selangkangan saya berwarna kehitaman? Apakah karena gesekan dari pembalut saat haid? – Rini, Jakarta.

Berikut penjelasan dari dr Trifena, praktisi aesthetic dan antiaging medicine:
Warna gelap di area tertentu pada tubuh kita terjadi karena faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik adalah karena distribusi melanosit (sel pigmen) yang Tuhan ciptakan secara unik di area tertentu, seperti area genital, selangkangan, dan ketiak. Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah akibat pengaruh gesekan di area tersebut. Gesekan itu terjadi karena beberapa hal, antara lain, gesekan pakaian dalam yang kita kenakan dan efek samping garukan. Selain itu, ada juga tindakan estetik yang kita pikir dapat membantu menangani masalah, tetapi yang terjadi adalah sebaliknya. Misalnya, penggunaan scrub atau lulur, gesekan alat pencukur (shaver), dan penggunaan deodoran yang dioleskan.

Karena itu, untuk mengatasi warna gelap di area tertentu, kita harus memerhatikan faktor-faktor di atas. Warna gelap di area V tidak dapat dihilangkan (karena faktor intrinsik), tetapi dapat dikurangi. Tips praktisnya adalah jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat, gunakan bahan pakaian yang halus dan lembut, dan jangan menggaruk. Kosmetik yang dapat kita gunakan adalah kosmetik yang mengandung zat eksfoliatif seperti alfa hidroksi acid (asam buah-buahan) dengan konsentrasi ringan, dan whitening agent (konsultasikan pada dokter Anda) karena kosmetik seperti ini bila tidak tepat, memiliki efek samping iritatif yang dapat memicu hiperpigmentasi sehingga area yang kita rawat malah terlihat lebih hitam (post inflamatory hiperpigmentation). Juga batasi kebiasaan mencukur dengan alat cukur (shaver) yang digesekkan dan hindari faktor ekstrinsik akibat gesekan pemakaian produk seperti lulur/scrub dan deodoran di area tersebut.

(Tabloid Nova)

Advertisements

6 thoughts on “Kehitaman di Seputar Daerah V

    • halo mba, kita ada treatment nya hanya hrs di konsulkan dulu , fee konsul 40 rb utk terapi/ treatment nya tergantung kondisi nya, utk terapi rata-rata berkisar di bawah 500 rb, tapi ini harga tentatif ya
      thx, salam cantik dan sehat

      • Untuk di Tasimalaya pengobatan dilakukan dengan terapi produk/ krim, begitu pula untuk di Rafa Bandung, hanya ada kemungkinan beberapa tindakan perawatan yang bisa dilakukan di Rafa Clinic Bandung. MOhon maaf, apabila perawatan di cabang Tasikmalaya masih belum lengkap, Rafa senantiasa terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dan pelayanannya yang terbaik. Untuk treatment PPx dan selangkangan bs pada saat saya praktek di Garut. Bisa info ke 0262.239678, 0262 9114032 untuk jadwalnya. Ok 🙂
        Terima Kasih,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s