Haruskah Pria Merawat Diri?

Perawatan Tubuh bagi Pria

Perawatan Tubuh bagi Pria by dr. Trifena

Trik Merawat

Hanya dibutuhkan waktu 5 menit untuk melakukan perawatan kulit wajah pria. Ada 3 cara mudah membersihkan kulit seusai seharian bekerja keras:

1. Cleansing atau mencuci muka

Gunakan sabun yang tepat untuk kulit wajah. Baiknya jangan menggunakan sabun mandi, karena bisa mengakibatkan kulit jadi rusak.

2. Gunakan toning

Toning dipakai untuk mengangkat kotoran dan debu yang masih tertinggal setelah dibersihkan dengan sabun muka. Manfaat toning adalah untuk memperkecil pori-pori dan mengembalikannya ke pH normal kulit.

3. Moisturizing

Bagi pria yang bekerja di lingkungan AC sangat baik menggunakan moisturizing/pelembab. Karena bekerja di lingkungan AC membuat kulit jadi kering.

Mencukur

Selain membersihkan wajah, mencukur juga merupakan salah satu perawatan diri pada pria.

1. Gunakanlah alat cukur yang memiliki tiga atau dua mata silet. Pria yang memiliki jenggot tebal sebaiknya mengganti alat cukur setelah tiga atau empat kali cukur.

2. Gunakan shaving cream atau lotion saat mencukur. Dengan pelembut seperti itu, akan melapisi tiap helai rambut dan bisa mencukur sesuai dengan arah tumbuh rambut.

3. Setelah mencukur, sebaiknya gunakan after shave untuk mencegah luka dan menutup pori-pori kembali.

T: Saya kok suka risih melihat laki-laki ketika menggunakan krim wajah

J: Risih atau tidaknya melihat pria menggunakan produk krim perawatan wajah tergantung dari pemikiran kita. Kalau kita berpikir dengan penggunaan krim, pria dikhawatirkan menjadi sosok seorang wanita atau menjadi lemah gemulai seperti wanita itu salah besar.

Pria tidak ada bedanya dengan wanita, memiliki anatomi tubuh yang tentunya harus dirawat. Justru ada hal-hal khusus yang harus diperhatikan dalam merawat tubuh pria. Sebagai contoh, akibat peranan hormon Androgen, kulit pria cenderung lebih berminyak, berpori besar dan mudah kotor dibanding wanita.

Jenis Kulit

–          Kulit Normal: memiliki pori-pori kecil, kelembaban bagus, tekstur kulit halus, biasanya bebas dari masalah kulit.

–          Kulit Kering: memiliki pori-pori yang kecil dan ketat, kelembaban kurang baik, tekstur kulit tipis dan kasar, kulit cenderung sensitif dan dehidrasi.

–          Kulit Berminyak: memiliki pori-pori yang besar, kelembaban sangat tinggi, tekstur kulit tebal dan kasar juga tampak mengkilat, biasanya terdapat banyak komedo dan jerawat.

–          Kulit Kombinasi: pada zona T mempunyai ciri-ciri kulit berminyak, sedangkan daerah yang lainnya mempunyai ciri-ciri kulit kering.

Ciri Khas

1. Pada masa pubertas, produksi hormon androgen sangat meningkat akibatnya produksi sebum juga meningkat.

2. Kandungan minyak lebih banyak terjadi pada masa remaja.

3. Kulit lebih tebal dari wanita karena kandungan minyak yang dimiliki pria lebih tinggi.

4. Pada wajah terdapat rambut yang memerlukan cukur setiap hari.

Advertisements