DNA Genetic-test

DNA Genetic Test

 

BAHAYA RADIASI NUKLIR BAGI TUBUH

 

Seperti yang kita ketahui dampak dari gempa jepang yang terjadi pada hari jumat 11 maret 2011 lalu menyebabkan tiga dari empat reaktor nuklir Dai-Chi di Fukushima jepang meledak. Hal ini setidaknya ada tujuh efek yang berbahaya bila tubuh manusia terkena bocoran radioaktif.

Antara lain:

1. Rambut: rambut akan rontok dengan cepat bila terkena radiasi di 200 Rems atau lebih.2. Otak: sel-sel otak tidak akan rusak secara langsung kecuali terkena radiasi berkekuatan 5000 Rems atau lebih. Seperti halnya jantung, radiasi membunuh sel-sel saraf dan pembuluh darah dan dapat menyebabkan kejang dan kematian mendadak.
3. Kelenjar Gondok: kelenjar tiroid sangat rentan terhadap yodium radioaktif. Dalam jumlah tertentu, yodium radioaktif dapat menghancurkan sebagian atau seluruh bagian tiroid.
4. Sistim Peredaran Darah: ketika seseorang terkena radiasi sekitar 100 Rems, jumlah limfosit darah akan berkurang, sehingga korban lebih rentan terhadap infeksi.
Gejala awal ialah seperti penyakit flu. Menurut data saat terjadi ledakan Nagasaki dan Hiroshima, menunjukan gejala dapat bertahan selama 10 tahun dan mungkin memiliki risiko jangka panjang seperti leukimia dan limfoma.
5. Jantung: bila terkena radiasi berkekuatan 1000 sampai 5000 Rems akan mengakibatkan kerusakan langsung pada pembuluh darah dan dapat menyebabkan gagal jantung dan kematian mendadak.
6. Saluran Pencernaan: radiasi dengan kekuatan 200 Rems akan menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran usus dan dapat menyebabkan mual, muntah dan diare berdarah.
7. Saluran Reproduksi: saluran reproduksi akan merusak saluran reproduksi cukup dengan kekuatan di bawah 200 Rems. Dalam jangka panjang, korban radiasi akan mengalami kemandulan.

Sedangkan dampak jangka pendek dari radiasi nuklir adalah:
1. Mual muntah
2. Diare
3. Sakit kepala
4. Demam

Dampak kronis alias jangka panjang dari radiasi nuklir umumnya justru dipicu oleh tingkat radiasi yang rendah sehingga tidak disadari dan tidak diantisipasi hingga bertahun-tahun. Beberapa dampak mematikan akibat paparan radiasi nuklir jangka panjang antara lain:
* Kanker
* Penuaan dini
* Gangguan sistem saraf dan reproduksi
* Mutasi genetik.
Mutasi genetik adalah perubahan yang terjadi pada bahan genetik (DNA maupun RNA), baik pada taraf urutan gen (disebut mutasi titik) maupun pada taraf  kromosom yang terjadi akibat zat pembangkit mutasi (mutagen, termasuk karsinogen), radiasi surya maupun radioaktif, serta loncatan energi listrik seperti petir. Singkatnya mutasi genetik diartikan sebagai perubahan pada bahan genetik dari suatu individu dan bisa berlanjut kepada keturunannya.

Melihat bahayanya dampak dari radiasi radioaktif ini, maka penting sekali kita dapat mendeteksi dini kelainan genetik ini.

DNA Genetic-test

Seiring waktu, para ilmuwan mempelajari lebih lanjut tentang gen kita, dan bagaimana mereka mempengaruhi kesehatan kita. Dengan pengetahuan itu, kita juga mendapatkan kemampuan untuk menguji berbagai kondisi genetik. Dunia penyakit genetik dan pengujian genetik dapat membingungkan dan tak terjangkau. Sejauh yang diketahui, pengetahuan adalah kekuatan. Mengetahui genetik Anda sendiri, atau mengetahui tentang penyakit genetik bayi Anda yang belum lahir, tidak memerlukan tindakan khusus. Hal ini memungkinkan Anda untuk belajar, mempersiapkan dan mengambil tindakan untuk menurunkan risiko Anda atau membuat keputusan perawatan yang terbaik bagi Anda, bayi Anda atau keluarga Anda.

Apakah itu DNA Genetic-test?

DNA Genetic-test mengungkapkan apakah seseorang membawa mutasi gen yang terkait dengan penyakit warisan tertentu. Pengujian melibatkan analisis darah, jaringan, atau cairan ketuban untuk bukti kelainan genetik. Tersedia untuk pasangan yang sedang merencanakan sebuah keluarga, termasuk pengujian:
• Carrier screening
• Tes Diagnostik Prenatal
• Pengujian Prediktif
Test ini adalah untuk melihat kecenderungan seseorang sesuai genetiknya terhadap penyakit tertentu, pakah resiko rendah atau tinggi, sehingga bisa dilakukan tindakan preventif mulai dari lifestyle, diet exercise sesuai dengan genetik dan food suplemen yang cocok dengan genetik orang tersebut. Hal ini telah membantu ribuan keluarga mencegah atau mempersiapkan diri untuk penyakit keturunan dan membuat keputusan tentang kesehatan mereka. Sampai peneliti menemukan obat untuk penyakit genetik, pencegahan dan deteksi dini adalah cara terbaik untuk mengetahui dan mengelola risiko keluarga Anda dan membuat keputusan tentang kesehatan mereka. Bagaimanapun penting memahami apa yang kita bisa dan tidak bisa lakukan.

God, grant me the serenity to accept the things I cannot change, Courage to change the things I can, And wisdom to know the difference.

SERENITY PRAYER

 

ASK RAFA FOR FURTHER INFORMATION

ABOUT DNA Genetic-test

Advertisements

2 thoughts on “DNA Genetic-test

  1. Dok, kulit saya tu kering dan kusam…
    Bagusnya di treatment apa ya Dok????
    Nanti kalau sdh treatment, baiknya brp kali dlm sebulan??

    • Halo mba,
      tentunya ada dong, heheh..treatment nya bs dgn vitaliont or bio moist, untuk treatment nya tergantung kondisi kulit mba, semua atas saran dokter.
      thx,
      salam cantik dan sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s